PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIK PADA BAZNAZ KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Vivit, Mariana Ulfa (2022) PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIK PADA BAZNAZ KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VIVIT MARIANA ULFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat merupakan salah satu cara yang ditempuh Islam untuk mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan pemerataan kesejahteraan. Perlu adanya pembinaan pengelolaan dana zakat dalam rangka pembangunan ekonomi kerakyatan dan memaksimalkan potensi zakat dalam upaya peningkatan pendapatan mustahik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pendayagunaan zakat produktif berpengaruh terhadap tingkat pendapatan mustahik pada BAZNAS kabupaten Tulang Bawang Barat serta menurut pandangan ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendayagunaan zakat produktif terhadap tingkat pendapatan mustahik pada BAZNAS kabupaten Tulang Bawang Barat serta menurut pandangan ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan merupakan data primer dengan cara membagikan kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendayagunaan zakat produktif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan mustahik. Ini berarti setiap kenaikan variabel pendayagunaan zakat produktif maka terjadi peningkatan terhadap pendapatan mustahik pada BAZNAS kabupaten Tulang Bawang Barat. Hasil yang signifikan artinya bahwa kenaikan pendayagunaan zakat produktif selalu berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan mustahik, begitupun sebaliknya apabila terjadi penurunan dalam pendayagunaan zakat produktif maka pendapatan mustahik juga ikut megalami penurunan. Prinsip-prinsip ekonomi Islam telah diterapkan dalam pendayagunaan zakat produktif untuk meningkatkan pendapatan para mustahik yaitu meliputi prinsip tauhid, keadilan, istikmar dan istikhlaf, kemaslahatan serta falah. Kata kunci: pendapatan mustahik, pendayagunaan zakat produktif, BAZNAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:43
Last Modified: 26 Sep 2022 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20985

Actions (login required)

View Item View Item