PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 KRUI PESISIR SELATAN

GUSTINA, Zakuwan (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 KRUI PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI GUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian ini, yakni di temukan rendahnya hasil belajar PAI peserta didik Smp N 12 Krui, hal tersebut di pengaruhi oleh penggunaan metode kurang tepat. Dengan permasalahan tersebut penulis memberikan solusi melalui metode pembelajaran edutaiment untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ada pun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif Jenis penelitian yaitu Quasy Eksperimental Design, dengan desain penelitian Post Test Only Control Group. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas VII Smp N 12 Krui Pesisir Selatan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling, sehingga didapat kelas VII.C sebagai kelas kontrol dan VII.D sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes (pilihan ganda) yang merupakan tes hasil belajar PAI peserta didik. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan uji-t independent. Pada uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas denganmemakai metodeLiliefors dan uji homogenitas menggunakan uji homeginitas dua variasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa data pada hasil belajar PAI yaitu normal dan homogen,sehingga hasil analisis data yang telah dilakukan dengan melakukan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Edutaiment terhadap hasil belajar PAIpeserta didik. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berdasarkan t-tabel <t-hitung, dan diperoleh pada hasil belajar PAI memiliki skor -4,181< 2,004maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PAI. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Edutaiment, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:21
Last Modified: 26 Sep 2022 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20980

Actions (login required)

View Item View Item