TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN BKKBN PROVINSI LAMPUNG DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 52 TAHUN 2009 (Studi pada BKKBN Provinsi Lampung)

Muhammad, Gerenaldi (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN BKKBN PROVINSI LAMPUNG DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 52 TAHUN 2009 (Studi pada BKKBN Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M.GRENALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk disuatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Penduduk Indonesia dengan jumlah yang besar dapat menjadi peluang sekaligus tantangan dalam pembangunan nasional, pada dasarnya peran penduduk adalah subjek sekaligus objek pembangunan. Berdasarkan rincian dari jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung mencapai 9 juta jiwa yang terdiri dari sekitar 4,5 juta lebih penduduk berjenis kelamin laki-laki, dan 4,3 juta jiwa lebih penduduk yang berjenis kelamin perempuan. Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan Keluarga. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran BKKBN Provinsi Lampung dalam melaksanakan Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap peran BKKBN Provinsi Lampung dalam melaksanakan Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analitis yaitu dengan cara menganalisis data yang diteliti dengan memaparkan data-data tersebut kemudian untuk memperoleh kesimpulan. Jenis penelitian ini lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa buku, dokumen, peraturan perundang-undangan, wawancara dan hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Peran BKKBN Provinsi Lampung dalam melaksanakan Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sejalan dengan landasan Hukum Islam Siyasah Dusturiyah dan Siyasah Tanfidziyah sebagai pelaksana dari undang undang, dan sebagai bentuk upaya dalam mengaplikasikan prinsip Maqashid Syariah, dimana program-program yang dilaksanakan memiliki tujuan mengatur laju pertumbuhan penduduk serta mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera untuk seluruh angota keluarganya melalui pemberdayaan keluarga dan perencanaan kehamilan serta kelahiran agar tidak terjadi kehamilan yang tidak di inginkan. Sehingga mampu mencapai tujuan kemaslahatan anak dan orang tua kedepannya yaitu dengan memelihara jiwa (Hifz Al-Nafs) dan memelihara keturunan (Hifz Al-Nasl). Hal ini pula sejalan dengan iii amanat UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yaitu pengendalian kuantitas penduduk dilakukan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara jumlah penduduk melalui pengendalian kelahiran. Kata Kunci : Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Peran, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:12
Last Modified: 26 Sep 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item View Item