METODE PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS PADA ANAK DALAM KELUARGA (ANALISIS PEMIKIRAN DR. ABDULLAH NASHIH „ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM)

AISYULASTRI, Syamsudin (2022) METODE PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS PADA ANAK DALAM KELUARGA (ANALISIS PEMIKIRAN DR. ABDULLAH NASHIH „ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB  1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AISYULASTRI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan banyaknya kasus penyimpangan yang dilakukan anak pada saat ini seperti, maraknya kasus perundungan (bullying), tawuran antar kelompok anak, merokok, mencuri, minum-minuman keras, dan penyimpangan lainnya yang dilakukan anak kerap muncul di televisi dan surat kabar. Selain itu, kecanggihan teknologi pada zaman ini, mengakibatkan anak-anak pada umumnya terlena dengan gadget seperti media sosial, main tik-tok, bermain games dan yang paling berbahaya adalah anak dengan bebas mengakses situs-situs dewasa di internet yang berdampak terhadap pribadi anak serta dapat merusak karakter anak. Oleh karena itu, diperlukannya pendidikan karakter berbasis religius agar penyimpangan yang dilakukan anak dapat diatasi. Pendidikan karakter berbasis religius akan berhasil jika dilaksanakan dengan metode yang tepat yaitu, metode pendidikan karakter dalam bingkai nilai-nilai keagamaan yang menjadi salah satu langkah yang mampu dijadikan sebagai bentuk respon dalam menghadapi tantangan zaman karena dalam historisnya pendidikan karakter tidak bisa dipisahkan dari agama. Maka dalam hal ini, Dr. Abdullah Nashih ‟Ulwan yang merupakan salah satu pemikir dan pemerhati pendidikan Islam, terutama pendidikan anak, menawarkan beberapa metode pendidikan pada anak dalam keluarga yang merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus diberikan orangtua kepada anak untuk memberikan solusi dari krisis karakter dan kenakalan pada anak. Dari permasalahan tersebut, penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana metode pendidikan karakter berbasis religius pada anak dalam keluarga (Analisis pemikiran Dr. Abdullah Nashih „Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam). Tujuannya adalah untuk mengetahui metode pendidikan karakter berbasis religius pada anak dalam keluarga (Analisis pemikiran Dr. Abdullah Nashih „Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu, kegiatan penelitian yang diakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berb2agai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku-buku referensi, artikel, catatan serta berbagai jurnal yang dapat dijadikan sumber rujukan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah metode pendidikan karakter berbasis religius pada anak dalam keluarga (Analisis pemikiran Dr. Abdullah Nashih „Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam) adalah metode pendidikan dengan keteladanan (Qudwah), metode pendidikan dengan pembiasaan („Aadah), metode pendidikan dengan nasihat (Mauidzah), metode pendidikan dengan perhatian dan pengawasan (Mulahadzah) serta metode pendidikan dengan hukuman (Uqubat). Kata Kunci: Metode, Pendidikan Karakter, Religius, Anak iii ABSTRACT This research is motivated by the many cases of deviations committed by children at this time such as rampant cases of bullying (bullying), brawls between groups of children, smoking, stealing, drinking, and other deviations committed by children that often appear on television and newspapers. . In addition, the sophistication of technology at this time, resulted in children in general being complacent with gadgets such as social media, playing tik-tok, playing games and the most dangerous thing is that children freely access adult sites on the internet which have an impact on the child's personality and personality. can damage the character of the child. Therefore, religious-based character education is needed so that the deviations made by children can be overcome. Religious-based character education will be successful if it is carried out with the right method, namely, the method of character education in the frame of religious values which is one step that can be used as a form of response in facing the challenges of the times because historically character education cannot be separated from religion. So in this case, Dr. Abdullah Nashih 'Ulwan who is one of the thinkers and observers of Islamic education, especially children's education, offers several educational methods for children in the family which is a big responsibility that parents must give to children to provide solutions to character crises and delinquency in children. From these problems, the authors formulate a problem, namely how the method of religious-based character education for children in the family (Dr. Abdullah Nashih 'Ulwan Thought Analysis in the Book of Tarbiyatul Aulad Fil Islam). The aim is to find out the method of religious-based character education for children in the family (Dr. Abdullah Nashih 'Ulwan's Thought Analysis in the Book of Tarbiyatul Aulad Fil Islam). This study uses a qualitative approach that is descriptive analysis. The type of research used is library research, namely, research activities carried out by collecting information and data with the help of various materials in the library such as reference books, articles, notes and various journals that can be used as reference sources. The data collection method in this study uses the documentation method and the data analysis technique used is content analysis. The results of this study are the religious-based character education method for children in the family (Dr. Abdullah Nashih 'Ulwan Thought Analysis in the Book of Tarbiyatul Aulad Fil Islam) is an educational method by exemplary (Qudwah), an education method with habituation ('Aadah), an education method by advice (Mauidzah), education method with attention and supervision (Mulahadzah) and education method with punishment (Uqubat). Keywords: Method, Character Education, Religious, Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:18
Last Modified: 23 Sep 2022 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20973

Actions (login required)

View Item View Item