PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DISERTAI DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Mesya, Anindya Mihsan (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DISERTAI DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of MESYA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Reciprocal Teachimg disertai dengan teknik Mind Mapping dalam proses peningkatan Berfikir Reflektif Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Gunung Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel yang diambil adalah kelas XII IPA 1 sebagai Kelas Eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai Kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data berupa Pretest dan Posttest berfikir reflektif serta lembar observasi untuk melihat bagaiman keterlaksanaan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang disertai dengan teknik Mind Mapping dapat mempengaruhi kemampuan berfikir peserta didik. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan program SSPS, maka terbukti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching disertai dengan teknik Mind Mapping terhadap kemampuan berfikir reflektif siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gunung Agung. Kata kunci: Reciprocal Teaching, Mind Mapping, Berfikir Reflektif ii ABSTRACT This research is a quantitative study that aims to determine the effect of the Reciprocal Teaching learning model accompanied by the Mind Mapping technique in the process of improving the Reflective Thinking of Class XI Students at SMA Negeri 1 Gunung Agung. The method used in this study is a quasi-experimental research design and uses a Pretest-Posttest Control Group Design. This study used a simple random sampling technique as a sampling technique. The samples taken were class XII IPA 1 as the experimental class and class XII IPA 2 as the control class. Data collection techniques in the form of Pretest and Posttest reflective thinking and observation sheets to see how the implementation of the Reciprocal Teaching learning model accompanied by Mind Mapping techniques can affect students' thinking abilities. Based on the results of hypothesis testing with the SSPS program, it is proven that there is an effect of the Reciprocal Teaching learning model accompanied by the Mind Mapping technique on the reflective thinking ability of class XI students at SMA Negeri 1 Gunung Agung. Keywords: Reciprocal Teaching, Mind Mapping, Reflective Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:33
Last Modified: 23 Sep 2022 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item View Item