HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF NU 10 PENAWAJA PUGUNG RAHARJO LAMPUNG TIMUR

Afifah, Hikmawati (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF NU 10 PENAWAJA PUGUNG RAHARJO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AFIFAH HIKMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF NU 10 PENAWAJA PUGUNG RAHARJO LAMPUNG TIMUR Oleh Afifah Hikmawati Akhlak merupakan kepribadian yang sangat penting bagi pendidik untuk menjadikannya sebagai contoh tauladan bagi peserta didiknya. Kepribadian seorang pendidik merupakan hal yang sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran yang akan menentukan berhasil atau tidaknya seorang guru dalam membentuk peserta didiknya menjadi lebih baik atau justru menjadi semakin buruk. Salah satunya dalam menjadikan peserta didik untuk memiliki sikap disiplin, guru harus mampu bertanggung jawab untuk mengarahkan, dan berbuat baik dengan rasa penuh kasih sayang, baik untuk kepentingan dirinya ataupun orang lain dan masyarakat luas. Namun kenyataannya masih dijumpai peserta didik yang melakukan hal-hal yang menyimpang dengan yang diharapkan, seperti yang terjadi di MTs Ma‘arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo Lampung Timur, seperti peserta didik yang terlibat perkelahian sesama peserta didik, jarang masuk sekolah, membolos saat kegiatan jam sekolah dimulai, tidak menghargai pendapat dan kurangnya kerjasama antar peserta didik, datang terlambat, melawan perkataan yang diucapkan oleh guru, serta tidak mengerjakan tugas. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kedisiplinan peserta didik yang ada di MTs Ma‘arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo lampung Timur. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan teknik penyebaran angket (kuesioner), wawancara, dan observasi. Sehingga data yang akan diperoleh adalah data yang bersifat kuantitatif. Data primer diperoleh langsung dari penyebaran angket dan wawancara dari responden di lapangan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan teori dari kepustakaan, dokumentasi latar belakang dan kegiatan sekolah yang ada di MTs Ma‘arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo Lampung Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI terhadap kedisiplinan peserta didik di MTs Ma‘arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo Lampung Timur, dapat dikatakan bahwa tingkatan signifikansinya cukup kuat sebesar 36,72%, dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Terdapat beberapa rekomendasi yang dianggap perlu agar lebih mengoptimalkan dalam mempererat hubungan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kedisiplinan peserta didik yaitu, para guru dapat lebih mengkontrol sikap pada saat berhadapan dan berinteraksi dengan peserta didik ataupun dengan sesama guru pada saat di sekolah, dan peserta didik dapat sering membaca dan mengingat, serta melaksanakan peraturan tata tertib yang sudah ada di sekolah, dan dapat lebih bersemangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Kedisiplinan Peserta Didik iii ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF PAI TEACHER'S PERSONAL COMPETENCE TO THE DISCIPLINE OF STUDENTS AT MTS MA'ARIF NU 10 PENAWAJA PUGUNG RAHARJO EAST LAMPUNG By Afifah Hikmawati Moral is a very important personality for educators to make it as an example for their students. The personality of an educator is very important in the success of learning which will determine the success or failure of a teacher in shaping his students for the better or for the worse. One of them is in making students to have a disciplined attitude, the teacher must be able to be responsible for directing, and doing good with a sense of love, both for the benefit of himself or others and the wider community. However, in reality, there are still students who do things that deviate from what was expected, as happened at MTs Ma'arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo, East Lampung, such as students who get into fights with fellow students, rarely attend school, play truant during activities. school hours start, do not respect the opinions and lack of cooperation between students, arrive late, oppose the words spoken by the teacher, and do not do assignments. Based on this, the purpose of this study is to determine the relationship between the personality competence of PAI teachers and the discipline of students in MTs Ma'arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo, East Lampung. In writing this thesis using research with quantitative methods with an associative approach. The data collection techniques with questionnaires (questionnaire), interviews, and observations. So that the data to be obtained is quantitative data. Primary data were obtained directly from the distribution of questionnaires and interviews from respondents in the field. Meanwhile, secondary data were obtained from observations, documentation, and theories from the literature, background documentation and school activities at MTs Ma'arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo, East Lampung. The results of this study indicate that there is a significant relationship between the personality competencies of PAI teachers and the discipline of students at MTs Ma'arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo, East Lampung, it can be said that the level of significance is quite strong at 36.72%, and the rest is influenced by factors other. There are several recommendations that are deemed necessary in order to further optimize in strengthening the relationship between the personality competencies of PAI teachers and student discipline, namely, teachers can better control attitudes when dealing with and interacting with students or with fellow teachers at school, and students can often read and remember, and implement the rules and regulations that already exist at school, and can be more enthusiastic in carrying out learning activities. Keywords : Personality Competence, Student Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:13
Last Modified: 22 Sep 2022 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item