STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK DI PANTI ASUHAN BUSSAINA KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

YUSUF, TRINALDI (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK DI PANTI ASUHAN BUSSAINA KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUSUF TRINALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Komunikasi merupakan panduan dari perencanaan komunkasi (communicatiaon planning) dan manajemen (communication management) untuk mencapai suatu tujuan. Begitu juga ajaran Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin. Panti asuhan merupakan lembaga atau organisasi yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan keagamaan. Penelitian ini adalah penelitian penanaman yang mengacu kepada anak asuh di Panti Asuhan Bussaina, yang ditanamkan adalah nilai-nilai akhlak anak asuh yang berisi tingkah laku dalam hal yang kecil maupun hal yang besar. Ajaran agama Islam perlu disampaikan dengan Hasil dari penelitian Strategi komunikasi menggunakan berbagai strategi, metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pengetahuan masyarakat untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak di panti asuhan bussaina? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi panti asuhan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak. Jenis penelitian yang digunakan penulis merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik penelitian lapangan (Field Reaserch). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data diperoleh dari responden mengenai Strategi Komunikasi Panti Asuhan, teori-teori dan data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi Panti Asuhan Bussaina. Objek dalam penelitian ini Strategi Komunikasi, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Panti Asuhan Bussaina dan subyeknya yaitu pimpinan, pengurus, dan anak asuh Panti Asuhan Bussaina di Kota Bandar Lampung, yang terdiri dari satu orang pimpinan, 5 pengurus, dan 64 anak asuh. Berdasarkan teknik random sampling sampel yang mewakili berjumlah lima orang yang terdiri dari satu orang pimpinan dan empat pengurus Panti Asuhan Bussaina. Hasil dari penelitian Strategi Komunikasi dakwah dalam menanamkan nilai-nilai akhlak iii adalah cara menggunakan tutur kata yang lemah lembut dan mudah dimengerti oleh anak asuh contohnya pemimpin dan pengasuh seperti selalu memberikan dakwah dengan gambaran kehidupan sehari-hari atau dalam teori strategi komunikasi jenis edukatif dan menggunakan metode dakwah jenis maw‟izah al-hasanah. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Akhlak iv ABSTRACT Communication strategy is a guide from communication planning (communication planning) and management (communication management) to achieve a goal. Likewise, the teachings of Islam as the religion of rahmatan lil'alamin. Orphanage is an institution or organization engaged in social, educational, and religious fields. This research is an inculcation research that refers to foster children at the Bussaina Orphanage. What is instilled is the moral values of foster children that contain behavior in small and big things. Islamic religious teachings need to be conveyed with the results of research Communication strategies using various strategies, methods and media according to the needs and level of knowledge of the community to realize the strategies that have been set Strategy refers to a plan to achieve a goal, while the method is a way that can be used to carry out the strategy. The problem in this research is how is the implementation of the cultivation of moral values in the bussaina orphanage? The purpose of this study was to find out how the orphanage's communication strategy in instilling moral values. The type of research used by the author is descriptive qualitative research. The data collection technique used in this research is a field research technique (Field Research). This research uses interview, observation and documentation data collection techniques. The data obtained from respondents regarding the Orphanage Communication Strategy, theories and other supporting data obtained from the literature, and documentation of the Bussaina Orphanage. The object of this research is Communication Strategy, the population in this research is the Bussaina Orphanage and the subjects are the leaders, administrators, and foster children of the Bussaina Orphanage in Bandar Lampung City, which consists of one leader, 5 administrators, and 64 foster children. Based on the random sampling technique, the representative sample consisted of five people consisting of one leader and four administrators of the Bussaina Orphanage. The results of the Da'wah Communication Strategy research in instilling moral values are how to use soft speech and easy to understand by foster children, for example leaders and caregivers such as always giving da'wah with a picture of v daily life or in theory of educative type of communication strategy and using methods da'wah type maw‟izah al-hasanah. "Keywords: Communication Strategy, Morals"

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:52
Last Modified: 22 Sep 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20961

Actions (login required)

View Item View Item