TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP IMPLEMENTASI HAK PILIH FRENCH FRIES DALAM JUAL BELI FROZEN FOOD (Study kasus Nadin Frozen Food Tamin Bandar Lampung

ADITYA, KURNIA MEDIYANTI (2022) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP IMPLEMENTASI HAK PILIH FRENCH FRIES DALAM JUAL BELI FROZEN FOOD (Study kasus Nadin Frozen Food Tamin Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADITYA KURNIA MEDIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap manusia pada hakikatnya memerlukan harta untuk mencukupi segala kebutuhan dan keingginan dalam hidupnya. Oleh sebab itu manusia akan selalu berusaha untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya yaitu dengan bekerja.Tanpa bantuan dari orang lain manusia tidak akan bisa melakukan transaksi jual beli atau muamalah. Aktifitas manusia itu menyangkut semua aspek dalam muamalah termasuk di dalamnya adalah masalah sewa menyewa, pinjam memimjam, jual beli dan lain sebagainya. Jual beli dalam Islam diperbolehkan dengan syarat sesuai dengan tatanan syariat dan tidak mengandung unsur riba. Permasalahan dalam skripsi ini bagaimana praktik jual beli french fries di Nadin Frozen Food Tamin Bandar Lampung, dan bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli french fries di Nadin frozen food Tamin Bandar Lampung. Tujuan skripsi ini untuk mengetahui praktik jual beli french fries di Nadin food frozen Tamin Bandar Lampung, dan tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Praktik jual beli french fries di Nadin frozen food Tamin Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan pada Nadin frozen food Tamin Bandar Lampung pada tahun 2022. Sumber data primer pada penelitian ini adalah wawancara langsung dengan pemilik, karyawan, dan pembeli di Nadin frozen food Tamin Bandar Lampung. Dan sumber data sekunder penelitian ini adalah kitab kitab, jurnal, dan buku buku yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa jual beli di Nadin frozen food Tamin Bandar Lampung dilakukan secara Langsung di toko dan tidak menggunakan metode jual beli online sebab belum siap memasarkan produk dalam pasar online. Praktik jual beli yang dilakukan di Nadin frozen food Tamin Bandar Lampung adalah sah secara hukum Islam, sebab dalam melakukan jual beli Nadin frozen food Tamin Bandar Lampung tidak ada jual beli gahar (Tipu menipu) dalam Transaksi, dan khiyar majelis yang diterapkan sudah sesuai dengan Hukum Islam. Kata Kunci: Fiqh Muamalah, Hak Pilih, french fries, Jual Beli, frozen food.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:35
Last Modified: 22 Sep 2022 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item