PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs AL-KHAIRIYAH TALANGPADANG TANGGAMUS

SITI, UTAMI (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs AL-KHAIRIYAH TALANGPADANG TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI   BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL SITI UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kepala madrasah sebagai manajer yaitu sebagai penentu kebijakan dimadrasah juga harus memfungsikan perannya secara maksimal dan mampu memimpin madrasah dengan bijak dan terarah secara mengarah kepada pencapaian tujuan yang maksimal demi meningkatkan kualitas kelulusan peserta didik. Oleh karna itu, seorang kepala madrasah memiliki wawasan yang luas dan keahlian menejerial. Kualitas sumber daya merupakan persoalan paling utama dalam penididkan. Oleh karna itu masalah peningkatan mutu pendidikan sangatlah penting untuk diperhatikan. Kepala madrasah memiliki perannya sebagai manajer yaitu kepala madrasah harus mampu mengimplementasikan Plenning, Organizing, Coordinating dan Controlling. Dapat dikatakan bahwa keberhasilah madrasah tidak terlepas dari peran kepala madrasah. Atas dasar itu makan sebagai tujuan penelitian penulis adalah 1) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam perencanaan mutu pendidikan. 2) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengorganisasian mutu pendidikan 3) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam mengkoordinasikan. 4) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengawasan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskiptif. Dengan subjek kepala madrsah, wakil kepala kurikulum, sarana dan prasarana dan satu guru. Sedangkan objek penelitian ini adalah peran kepala madrasah sebagai manajer di MTs Al-Khairiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan menggunakan triangulasi sumber, dengan analisis data reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Khairiyah TalangPadang sudah berjalan cukup baik dan menjalankan perannya sebagai manajer dengan melakukan penyusunan program jangka pendek, menengah dan panjang, madrasah membagi kelompok tiap-tiap tim dalam melakukan pengkoordinasian kepala madrasah selalu memberi arahan kepada iv bawahan tentang pelaksanaan. Kepala madrasah melakukan pengawasan rutin tiap trisemster. Kata Kunci : Kepala Madrasah, Manajer v ABSTRAK The role of the madrasa principal as a manager, namely as a policy maker in the madrasa, must also function optimally and be able to lead the madrasa wisely and directed towards achieving maximum goals in order to improve the quality of student graduation. Therefore, a madrasa principal has broad insight and managerial expertise. The quality of resources is the most important issue in education. Therefore, the problem of improving the quality of education is very important to pay attention to. The head of the madrasah has a role as a manager, namely the head of the madrasa must be able to implement Plenning, Organizing, Coordinating and Controlling. It can be said that the success of the madrasa cannot be separated from the role of the principal. On that basis, the research objectives of the author are 1) to find out how the role of the madrasa principal as a manager in planning the quality of education is. 2) to find out how the role of the madrasah principal as a manager in organizing the quality of education 3) to find out how the role of the madrasah principal as a manager in coordinating. 4) to find out how the role of the principal as a manager in the supervision of the quality of education. This research uses descriptive qualitative research. With the subject of the head of the madrasa, deputy head of the curriculum, facilities and infrastructure and one teacher. While the object of this research is the role of the principal as a manager at MTs Al-Khairiyah. Data collection techniques used in this study are interviews, observation and documentation, using source triangulation, data analysis, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the role of the madrasa principal as a manager in improving the quality of education at MTs Al-Khairiyah Talang Padang has gone quite well and carries out its role as a manager by preparing short, medium and long term programs, the madrasa divides groups into each team in carrying out The head of the madrasah coordination always gives direction to subordinates about implementation. The head of the madrasah conducts routine supervision every trimester. Keywords : Headmaster, Manager.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:16
Last Modified: 22 Sep 2022 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20952

Actions (login required)

View Item View Item