MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME, BANDAR LAMPUNG

CICI, PURNAMA SARI (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME, BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CICI PURNAMA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pembelajaran didefinisikan dari sebuah tahapan serta perolehan pembelajaran dengan tujuan mampu terimplementasi selaras akan apa yang menjadi cita-cita bersama. Tahapannya yang antara lain: perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, juga evaluasi akhir. Pada tahapan perencanaan pembelajaran, antara lain: menyusun perangkat pembelajaran (silabus, RPP, kalender pendidikan dan alat peraga yang relevan). Beberapa ketentuan dalam implementasi pembelajaran antara lain: rombongan belajar, beban kerja minimal tenaga pendidik, buku teks pelajaran, dan pengelolaan kelas. Pada tahap implementasi pembelajaran wajib memenuhi rangkaian proses pendahuluan, kegiatan inti, juga kegiatan penutup. Evaluasi dari pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan para pendidik terhadap perolehan hasil belajar dalam mengukur pencapaian kompetensi peserta didik juga diterapkan sebagai langkah awal menyusun laporan peningkatan perolehan belajar peserta didik, juga meningkatkan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan pada bagaimana perencanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran, serta bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Sukarame, Bandar Lampung. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif, dengan menerapkan teknik wawacara terstruktur dan wawancara bebas terstruktur (gabungan), pengamatan/observasi non-partisipan dan dokumentasi. Perolehan dari penelitian melalui 2 sumber yaitu, data primer (kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, pendidik, serta peserta didik) dan data sekunder (teori dan data lainnya dari kepustakaan serta dokumentasi sekolah). Uji keabsahan data melalui triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Dalam metode analisis data menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perolehan penelitian ini antara lain: manajemen perencanaan pembelajaran kegiatan perencanaannya pertama-tama dilakukan dengan pertemuan atau rapat guna membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan dalam manajemen pembelajaran. Kegiatan perencanaan pembelajarannya dilaksanakan dipermulaan tahun pembelajaran dengan melalui kerjasama dengan para tenaga pendidik merangkai perangkat dalam perencanaan pembelajaran serta diarsipkan secara terstruktur. Kegiatan pelaksanaan manajemen perencanaan pembelajaran telah terlaksanakan juga kerapkali melaksanakan perbaikan demi peningkatan. Setelah kegiatan iii pembelajaran selesai, dilaksanakan evaluasi mengenai keseluruhan kegiatan. Apakah rencana dan tujuan yang telah dirumuskan dan dilaksanakan sesuai atau tidak, sehingga bisa diambil keputusan dalam peningkatan selanjutnya. Dalam tahapan manajemen pelaksananaan pembelajaran, perencanaan kegiatan pelaksanaan pembelajaran berisi kegiatan yang harus disiapkan sebelum memasuki kelas untuk belajar. Kegiatannya seperti pendidik mempersiapkan perangkat pembelajaran, mempersiapakan materi-materi, ketepatan waktu untuk masuk kedalam kelas sebelum melakukan kegiatan pembelajaran juga perlu untuk dipersiapkan. Dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran berisikan kegiatan-kegiatan yang utama dilakukan didalam kelas antar pendidik dan peserta didik dengan melalui tiga kegiatan. Dalam kegiatan evaluasi manajemen pelaksanaan pembelajaran dikelas berakhir, pendidik melakukan beberapa hal seperti melakukan evaluasi pada diri sendiri apakah kegiatan pembelajaran dikelas yang telah dilakukannya berjalan optimal atau belum, apakah metode dan media pembelajarannya tepat atau belum, dan apakah materi yang disampaikan bisa diterima peserta didik dengan baik atau belum. Tujuannya untuk peningkatan dalam kegiatan selanjutnya. Dalam manajemen evaluasi pembelajaran, perencanaannya dilaksanakan dengan bersama-sama melalui rapat dan bimbingan teknis dengan mengikutsertakan unsur pimpinan madrasah seperti kepala madrasah, pendidik, dan tenaga kependidikan. MTs Muhammadiyah Sukarame melaksanakan kegiatan perencanaan mengenai aktivitas evaluasi pembelajaran dengan menetapkan jadwal, taktik dalam melakukan aktivitas evaluasi peserta didik, bentuk soal yang disuguhkan pada peserta didik, dan sebagainya. Terkait dengan kegiatan pengawasan evaluasi pembelajaran, MTs muhammadiyah sukarame melaksanakannya dengan melalui supervisi baik oleh pihak internal maupun pihak eksternal. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran dan Efektivitas Belajar Siswa iv ABSTRACT Learning management was defined from a stage and the acquisition of learning with the aim of being implemented in line with what were shared goals. The stages include: designing (planning) learning, implementing learning, as well as final evaluation. At the learning planning stage, among others: compiling learning tools (syllabus, lesson plans, educational calendar and relevant teaching aids). Several provisions in the implementation of learning include: study groups, minimum workload of educators, textbooks, and class management. At the implementation stage, learning must meet a series of preliminary processes, core activities, and closing activities. Evaluation of the implementation of learning carried out by educators on the acquisition of learning outcomes in measuring the achievement of student competencies was also applied as a first step in compiling reports on inproving student learning outcomes, as well as improving learning activities. This research aims at how learning planning, how to implement learning, and how to evaluate the implementation of learning at MTs Muhammadiyah Sukarame, Bandar Lampung. This research were qualitative research, by applying structured interview and structured free interview (combined), non�participant observation and documentation techniques. Obtaining from research through 2 sources, namely, primary data (head of madrasah, deputy head of madrasah curriculum, educators, and students) and secondary data (theory and other data from the library and school documentation). Test the validity of the data through technical triangulation and source triangulation. In the data analysis method using: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research include: learning planning management planning activities were first carried out with meetings or meetings to discuss related plans to be carried out in learning management. The learning planning activities were carried out at the beginning of the learning year by collaborating with educators in assembling learning planning tools and archived in a structured manner. The implementation of learning planning management activities has been carried out as well as often making improvements v for improvment. After the learning activities were completed, an evaluation of the entire activity was carried out. Whether the plans and objectives that have been formulated and implemented were appropriate or not, so that decisions can be made for further improvment. In the learning implementation management stage, the planning of learning implementation activities contains activities that must be prepared before entering the classroom to learn. Activities such as educators preparing learning tools, materials, punctuality to enter the classroom before carrying out learning activities also need to be prepared. The implementation of learning activities contains the main activities carried out in the classroom through three activities. In the evaluation of the management of the implementation of learning in the classroom, educators do several things, such as evaluating themselves whether the learning activities in the classroom that have been carried out were running optimaly or not, whether the learning methods and media were appropriate or not, and whether the material delivered can be accepted by students with good or not. The goal were to imprive in subsequent activities. In learning evaluation management, the implementations was carried out jointly trough meetings and technical guidance by involving madrasah leaders such as madrasah heads, deputy madrasah heads, educators and education staff. MTs muhammadiyah sukarame carries out planning activities regarding learning evaluation activities by setting schedulles, tactics in conducting student evaluation activities, the form of questions presented to students, and so on. Related to learning evaluation monitoring activities, MTs muhammadiyah sukarame implements in through supervision by both internal and external parties. Keywords: Learning Management and Student Learning Effectiveness

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:25
Last Modified: 22 Sep 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20950

Actions (login required)

View Item View Item