PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA MTs MATHLAUL ANWAR TANGERANG

KHOLIFAH, Nurwadi (2022) PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA MTs MATHLAUL ANWAR TANGERANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of KHOLIFAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen peserta didik merupakan suatu penataan dan pengaturan segala aktifitas yang berkaitan dengan peserta didik mulai masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu madrasah atau lembaga pendidikan. Kegiatan manajemen peserta didik merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan di madrasah. Program�program kegiatan manajemen peserta didik yang diselenggarakan harus didasarkan kepentingan, pertimbangan, dan peningkatan kemampuan peserta didik dalam bidang kognitif, efektif, psikomotor, sesuai dengan keinginan, bakat dan minat peserta didik. Pentingnya penerapan manajemen peserta didik yang baik, menjadi proses yang utama dalam pencapaian keberhasilan dalam penyelenggaraannya lembaga pendidikan sangat beruntung kepada manajemen peserta didik dan komponen-komponen pendukungnya, pelaksanaan kegiatan seperti kurikulum, peserta didik, pembiayaan, tenaga pendidik dan sarana prasarana, terlebih lagi bahwa pelaksanaan kegiatan pendidikan di madrasah, peserta didik menjadi subjek sekaligus objek dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Sehingga peserta didik mampu mengambangkan potensi, fisik, kecerdasan intelektual, social, emosional dan kejiwaan peserta didik. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik pada MTs Mathlaul Anwar Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian penelitian diantaranya kepala madrasah, waka kesiswaan, dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik pada MTs Mathlaul Anwar sudah terlaksana semua program manajemen peserta didiknya walaupun masih ada beberapa yang kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang ada mengenai manajemen peserta didik: Perencanaan Peserta Didik, Penerimaan Peserta Didik Baru, Orientasi Peserta Didik, Mengatur kehadiran dan iv ketidakhadiran peserta didik, Pengelompokan peserta didik, Evaluasi hasil belajar peserta didik, Sistem tingkat dan sistem tanpa tingkat, Mengatur peserta didik yang mutasi dan drop out, Kode Etik, pengadilan, hukuman dan disiplin peserta didik. kemudian faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan manajemen peserta didik sendiri yaitu faktor lingkungan, peserta didik, orang tua. Penulis merekomendasikan untuk Kepala MTs Mathlaul Anwar Tangerang, semoga dapat melaksanakan kegiatan manajemen peserta didik dengan lebih baik lagi guna madrasah dan juga tenaga pendidik, kemudian untuk Wakil Kepala MTs Mathlaul Anwar Tangerang bidang kesiswaan, yang telah menjalankan tugas manajemen kesiswaan, agar bisa lebih memperhatikan dan mengawasi peserta didik supaya peserta didik tersebut bisa taat pada aturan sekolah dan lebih disiplin, dan yang terakhir untuk guru di MTs Mathlaul Anwar Tangerang, agar dapat lebih memperhatikan lagi kepada peserta didik di dalam ruang kelas sehingga peserta didik aktif dalam berinteraksi dan menerima berbagai hal di kelas maupun diluar kelas. Kata kunci: Manajemen, Peserta Didik. v ABSTRACT Student management is an arrangement and regulation of all activities related to students from the entry of students to the departure of these students from a madrasa or educational institution. Student management activities are an important part that must be considered in the implementation of educational activities in madrasas. Student management activity programs that are held must be based on the interests, considerations, and improvement of students' abilities in the cognitive, effective, psychomotor fields, in accordance with the wishes, talents and interests of students. The importance of implementing good student management is the main process in achieving success in the implementation of educational institutions that are very lucky to the management of students and their supporting components, implementation of activities such as curriculum, students, financing, teaching staff and infrastructure, moreover that In the implementation of educational activities in madrasas, students become subjects as well as objects in the process of transforming the knowledge and skills needed. So that students are able to develop the potential, physical, intellectual, social, emotional and psychological intelligence of students. This research uses a qualitative approach, to determine the implementation of student management at MTs Mathlaul Anwar Tangerang. Data was collected by using interviews, observation, and documentation. This study uses a descriptive qualitative field research model. Sources of research research data include the head of the madrasa, waka for student affairs, and teachers. The results of this study indicate that the implementation of student management at MTs Mathlaul Anwar has implemented all of the student management programs although there are still some that are not good. This can be seen from the existing indicators regarding student management: Student Planning, New Student Admission, Student Orientation, Regulating the presence and absence of students, Grouping students, Evaluation of student learning outcomes, Level systems and systems without levels, Regulate students who transfer and drop out, Code of Ethics, courts, punishments and student discipline. then the factors that influence the implementation of student management themselves are environmental factors, students, parents. The author recommends for the Head of MTs Mathlaul Anwar Tangerang, hopefully they can carry out student management activities better for madrasas and also educators, then for the Deputy vi Head of MTs Mathlaul Anwar Tangerang for student affairs, who has carried out student management tasks, so that they can pay more attention and supervise students so that these students can obey school rules and be more disciplined, and lastly for teachers at MTs Mathlaul Anwar Tangerang, so that they can pay more attention to students in the classroom so that students are active in interacting and accepting various things in the classroom. class and outside of class. Keywords: Management, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:01
Last Modified: 22 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item View Item