PEMBERDAYAAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO

ANA, SELVIA (2022) PEMBERDAYAAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ANA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan adalah suatu proses untuk menjadikan seseorang lebih berdaya atau berkemampuan untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaannya, dengan cara memberikan kepercayaan dan wewenang sehingga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawabnya terhadap pekerjaannya. Pemberdayaan tenaga administrasi sekolah adalah suatu hal utama yang penting untuk dilakukan untuk menunjang proses pendidikan di sekolah, maka perlu dilakukan suatu langkah yang dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan pendayagunaan tenaga tata usaha agar tujuan sekolah dapat tercapai lebih maksimal. Pemberdayaan sumber daya manusia menjadi suatu hal penting untuk dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keberhasilan dalam pemberdayaan tenaga administrasi sekolah, dengan hal ini peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan tenaga administrasi sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian mendeskripsikan, menceritakan, dan menginterpretasikan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif dari orang-orang dalam bentuk tertulis/lisan, perilaku dan data yang dapat diamati adalah pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dapat dianalisis melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian tentang pemberdayaan tenaga administrasi sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Metro telah terlaksana dengan baik, hal ini dilihat dari indikator yang sudah tercapai. Seperti terciptanya hubungan kerja yang baik antara kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, dan pegawai lainnya. Kepala sekolah juga memimpin dan diarahkan dengan menggunakan contoh�contoh, pemberian motivasi sehingga tenaga adminsitrasi memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya, pengembangan tenaga administrasi dengan mengikutsertakan kepala tata usaha dalam pelatihan, meskipun belum semua tenaga administrasi, kemudian melibatkan tenaga administrasi sekolah ke dalam pengambilan keputusan, dan rutinnya pelaksanaan evaluasi guna mengetahui bagaimana pemberdayaan yang sudah dilakukan apakah sudah baik atau belum. Semuanya sudah memenuhi sesuai dengan teori indikator dari Wibowo tentang pemberdayaan tenaga administrasi sekolah. iv Penulis juga merekomendasikan agar kepala sekolah leboh mengoptimalkan peran nya sebagai pemimpin dalam pemberdayaan tenaga adminsitrasi sekolah sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, kemudian kepala sekolah juga sebaiknya mengikutsertakan tenaga administrasi sekolah ke dalam workshop atau pelatihan guna meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga administrasi sekolah. Kata Kunci : Pemberdayaan, Tenaga Administrasi Sekolah v ABSTRACT Empowerment is a process to make someone more empowered or able to complete their tasks and work, by giving trust and authority so that they can foster a sense of responsibility towards their work. Empowerment of school administrative staff is an important thing to do to support the education process in schools, so it is necessary to take a step intended to improve the quality and utilization of administrative staff so that school goals can be achieved more optimally. Empowerment of human resources is an important thing to be done by an educational institution. This study aims to describe the success in empowering school administrative staff, with this the researchers conducted this study to find out how to empower school administration staff at SMA Muhammadiyah 1 Metro. The type of research used is descriptive qualitative research, namely research that describes, tells, and interprets existing data and produces descriptive data from people in written/oral form, behavior and observable data are statements. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation. Data that can be analyzed through data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. The validity test in this study used a source triangulation technique which was achieved by comparing the observed data with interview data. The results of the research on the empowerment of school administration staff at SMA Muhammadiyah 1 Metro have been carried out well, this can be seen from the indicators that have been achieved. Such as the creation of good working relationships between school principals, teachers, administrative staff, and other employees. The principal also leads and is directed by using examples, providing motivation so that administrative staff are committed and responsible for their work, developing administrative staff by involving administrative heads in training, although not all administrative staff, then involving school administration staff in making decisions. decisions, and the routine implementation of evaluations to find out whether the empowerment that has been done is good or not. All of them have complied with the indicator theory from Wibowo regarding the empowerment of school administration staff. The author also recommends that school principals optimize their role as leaders in empowering school administrative staff so that they can achieve the goals that have been set, then school principals should also involve school administrative vi staff in workshops or training to improve their competence as school administration staff. Keywords: Empowerment, School Administration Staff

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:58
Last Modified: 22 Sep 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20947

Actions (login required)

View Item View Item