PENETAPAN UPAH JASA POTONG UNGGAS MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Pemetung Basuki, Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur)

Adnan, Sauqi (2022) PENETAPAN UPAH JASA POTONG UNGGAS MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Pemetung Basuki, Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Adnan Sauqi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK PENETAPAN UPAH JASA POTONG UNGGAS MENURUT HUKUM ISLAM Oleh Adnan Sauqi Skripsi ini berjudul Penentuan Jasa Potong Unggas Dalam Hukum Islam (Studi Di Skripsi ini berjudul Penentuan Jasa Potong Unggas Dalam Hukum Islam. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upah jasa terhadap potong unggas. Jasa potong unggas merupakan usaha penyembelihan unggas serta prosesnya dalam pembersihan unggas tersebut hingga siap diolah dan menjadi bahan pangan. Pada praktiknya penentuan harga upah jasa potong unggas. Penentuan upahnya sendiri dilihat dari jenis unggas, ukuran serta kesulitannya. Jenis unggasnya meliputi ayam potong, ayam ras, itik (bebek dan entok) serta angsa. Upah jasanya Rp3000,00 untuk setiap ekor jenis ayam. Sedangkan untuk jenis bebek, itik (bebek dan entok) harganya Rp5000,00 dan angsa Rp8000,00 untuk setiap ekor. Akan tetapi, apabila dari setiap jenisnya ada tingkat kesulitan serta atas jasa tambahannya dikenakan tambahan sebesar Rp1000,00- Rp3000,00. Dalam penetapan upah jasa potong dan pembayaran dilakukan setelah pelanggan menerima pesanannya. Sehingga, upah yang ditentukan diakhir oleh pemilik jasa terhadap konsumen menjadi bermasalah karena jumlah nominalnya tidak sesuai dengan kriteria unggasnya. Hal inilah yang menyebabkan konsumen keberatan atas pembayaran upah yang ditetapkan oleh penyedia jasa. Berdasarkan penjelasan rumusan masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini sebagai berikut: Bagaimana praktik upah jasa potong unggas di Desa Pemetung Basuki, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penentuan upah jasa potong unggas di Desa Pemetung Basuki, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur? Sedangkan tujuan peneltian ini yaitu: Untuk mengetahui praktik jasa potong unggas di Desa iii Pemetung Basuki. Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penentuan upah jasa potong unggas di Desa Pemetung Basuki, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) sedangkan, sifat penelitiannya bersifat deskriptif analisis. Berdasarkan beberapa fokus masalah diatas ditemukan beberapa kesimpulan bahwa praktik upah mengupah pada jasa potong unggas jumlah nominal yang ditentukan pihak penyedia disesuaikan dengan proses dan tingkat kesulitan, serta jasa tambahannya. Oleh sebab itu, penentuan upahnya dilakukan ketika pekerjaan telah selesai. Penetapan upah yang dilakukan diakhir ketika pekerjaan telah selesai sehingga menyebabkan konsumen keberatan atas pembayaran upah yang ditetapkan. Menurut hukum Islam salah satu syarat sah suatu akad yaitu adanya keridaan dari kedua belah pihak dan objek akadnya jelas. Hal ini sesuai dengan prinsip keadilan dan kelayakan, sehingga penentuan upah jasa potong unggas di Desa Pemetung Basuki tidak diperbolehkan. Kata Kunci: Jasa Potong Unggas, Hukum Islam, Pemetung Basuki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:50
Last Modified: 22 Sep 2022 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20946

Actions (login required)

View Item View Item