STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Nur, Wijayanti Kusuma (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+5 & DAPUS.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan di bidang pendidikan tidak dapat dihindari, banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan pelanggan, akibatnya banyak terjadi merger (penggabungan) lembaga pendidikan. Kemampuan manajer untuk memahami pemasaran pendidikan merupakan prasyarat untuk mempertahankan dan meningkatkan organisasi. Tentu saja pemasaran pendidikan bukan lagi tabu sosial, karena tujuan pemasaran adalah untuk memperkenalkan dan fungsi pemasaran di lembaga pendidikan dapat menciptakan citra lembaga yang baik dan menarik minat beberapa calon siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Waka Kurikulum. Sumber data penelitian, yaitu sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan peneliti menggunakan uji keabsahan data atau triangulasi teknik. Hasil penelitian tentang strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik baru : 1) Produk jasa berupa kegiatan akademik maupun non-akademik yang melahirkan prestasi dan lulusan yang telah diterima di berbagai SMA. 2) untuk kelas unggul Rp. 200.000 per bulan, kelas khusus Rp. 120.000 per bulan dan membebaskan biaya untuk kelas regular, 3) Lokasi dan letak yang cukup strategi karena dekat dengan pemukiman dan akses yang mudah, 4) Promosi dilakukan dengan media cetak, media sosial. 5) Tenaga pendidik dan kependidikan sudah baik dan memenuhi kriteria kepegawaian, rata- rata tenaga pendidik lulusan Sarjana dan banyak yang sudah berstatus PNS. 6) Fasilitas sarana dan prasarana cukup memadai dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar. 7) Proses dilakukan dengan seleksi berkas telebih dahulu, Kedua proses pembelajaran, untuk proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien dengan pedoman kurikulum yang terstruktur baik, guru yang berkompeten, serta sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga hasil atau lulusan, hasil atau lulusan sesuai dengan harapan sekolah yaitu siswa yang berprestasi, berkembang bakatnya, dan mampu iii mengamalkan nilai nilai keagamaan. Penulis Juga merekomendasikan agar pengelola kependidikan selalu menilai diri sekolah, menganalisis kekuatan internal dan eksternal agar mutu dan kualitas sekolah semakin meningkat dan selalu diakui kepercayaan masyarakat. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan promosi studi dengan baik karena sebaik apa pun promosinya, sekolah tidak memiliki banyak siswa. sekolah harus memahami betul apa kelebihan dan kekurangannya, kelebihan dan kekurangan sekolah saingan yang bisa menjadi peluang atau bahkan ancaman bagi diri sendiri. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan iv ABSTRACT Competition in the field of education is unavoidable, many educational institutions are abandoned by customers, as a result there are many mergers (mergers) of educational institutions. Managers' ability to understand educational marketing is a prerequisite for maintaining and improving organizations. Of course, educational marketing is no longer a social taboo, because the purpose of marketing is to introduce and marketing functions in educational institutions can create a good image of the institution and attract the interest of several prospective students. This research uses descriptive qualitative research, with the research subject being the Principal, Deputy Head of Curriculum. Research data sources, namely primary and secondary data sources. In this research using interview data collection techniques, observation and documentation. The analysis that the researcher uses is data reduction, data presentation and data verification. While the researchers used the validity of the data test or triangulation techniques. The results of research on educational marketing strategies in increasing the interest of new students: 1) Service products in the form of academic and non-academic activities that produce achievements and graduates who have been accepted in various high schools. 2) for superior class Rp. 200,000 per month, special class Rp. 120,000 per month and free of charge for regular classes, 3) The location and location is quite strategic because it is close to settlements and easy access, 4) Promotion is carried out through print media, social media. 5) Educators and education staff are good and meet the staffing criteria, on average the educators are bachelor graduates and many have civil servant status. 6) Facilities and infrastructure are adequate in supporting teaching and learning activities. 7) The process is carried out by selecting the file first. Second, the learning process, for the learning process to run effectively and efficiently with well-structured curriculum guidelines, competent teachers, and adequate facilities and infrastructure. The three results or graduates, results or graduates are in accordance with school expectations, namely students who excel, develop their talents, and are able to practice religious values. The author also v recommends that education managers always assess the school's self, analyze internal and external strengths so that the quality and quality of the school is increasing and the community's trust is always recognized. Also, don't forget to do a good promotion of studies because no matter how good the promotion is, the school doesn't have many students. Schools must understand very well what the advantages and disadvantages are, the advantages and disadvantages of rival schools that can be an opportunity or even a threat to themselves. Keywords: Marketing Strategy, Educational Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:19
Last Modified: 21 Sep 2022 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20943

Actions (login required)

View Item View Item