MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

AGUS, PRAMUDIA (2022) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER-BAB II & DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS  AGUS PRAMUDIA - 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan semakin merebaknya pandemi covid 19 akibatnya membawa dampak pada pendidikan yang membuat tantangan untuk tetap meningkatkan mutu pendidikaan. Begitu juga dengan MIN 5 Bandar Lampung yang terus mengalami peningkatan mutu pendidikanya di masa pandemic covid 19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan (plan), pelaksanaan (do), Evaluasi (Check) dan Tindak lanjut (Action) dalam peningkatan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19 pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung. Peneliti mewawancarai Kepala Madrasah, Koordinator Kurikulum, Koordinator Kesiswaan, Koordinator Sarana dan Prasarana, Guru, Komite, Tata Usaha dan Orang tua/Wali Peserta didik untuk memperoleh data tentang manajemen peningkatan mutu pendidikan di masa pandemic covid-19 pada MIN 5 Bandar Lampung. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data reduction, data display, dan conclusion/verification). Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa pertama, Perencanaan peningkatan mutu pendidikan pada masa pandemic covid 19 di MIN 5 Bandar Lampung sesuai dengan masing-masing standar nasional pendidikan, dapat diketahui bahwa dalam melakukan perencanaan manajemen mutu pendidikan sudah dilakukan dengan baik. Dalam melaksanakan perencanaan manajemen mutu pendidikan diawali dengan rapat bersama untuk menentukan tujuan yang akan dicapai melalui berbagai program. Perencanaan manajemen mutu pendidikan dilakukan dengan membentuk tim penyusun kurikulum. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum darurat covid 19 namun tetap disesuaikan pula oleh kurikulum madrasah. Pelaksanaan peningkatan mutu yaitu dengan menyusun kurikulum. Kemudian dilakukan dengan melaksanakan proses belajar mengajar dengan berpedoman pada RPP. Pelaksanaan manajemen mutu dilakukan dengan menyusun program kerja madrasah sebagai dasar pelaksanaan kegiatan madrasah. Evaluasi peningkatan mutu pendidikan pada masa covid 19 di MIN 5 Bandar Lampung merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh kepastian apakah pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu pendidikan di masa covid 19 telah diakukan sesuai dengan rencana dan tujuan semula. Evaluasi peningkatan mutu di MIN 5 yaitu dinilai dari kelulusan/prestasi akademik dan non akademik peserta didik, dan pembuatan perangkat pembelajaran khususnya kepala madrasah dan koordinator kurikulum melakukan supervisi pada isi yang tertuang pada semua perangkat dan pelaksanaanya. Dan terakhir tindak lanjut yaitu melakukan evaluasi total terhadap hasil sasaran dan proses kemudian melakukan beberapa perbaikan jika ternyata apa yang telah kita kerjakan masih memiliki kekurangan mulai dari perencanaan dan evaluasi di MIN 5 selama pandemi covid 19. Kata kunci: Manajemen, Peningkatan Mutu Pendidikan, Pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:07
Last Modified: 21 Sep 2022 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20938

Actions (login required)

View Item View Item