METODE DAKWAH PONDOK PESANTREN AL FAlAH DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA MASYARAKAT LINGKUNGAN PESANTREN DI DESA RAWAS PESISIR BARAT

DESTI, NURMA ELISA (2022) METODE DAKWAH PONDOK PESANTREN AL FAlAH DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA MASYARAKAT LINGKUNGAN PESANTREN DI DESA RAWAS PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5+dapus.pdf] PDF
Download (21MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “metode Dakwah Pondok Pesantren Al Falah Dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Pada Masyarakat Lingkungan Pesantren Di Desa Rawas Pesisir Barat”Pondok Pesantren sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan Islam yang bersifat nonformal nampak sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat Islam, sebagai pengamalan agama dan sarana meningkatkan ukhuwahIslamiyah. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Bagaimana Metode Dakwah Pondok Pesantren Al Falah Dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Pada Masyarakat Lingkungan Pesantren Di Desa Rawas Pesisir Barat, Kelebihan Dan Kekurangan Metode Dakwah Pondok Pesantren Al-Falah dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah . Tujuan penelitian ialah Mengetahui metode dakwah Pondok Pesantren Al Falah dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah pada masyarakat lingkungan pesantren di desa rawas pesisir barat dan kekurangan dan kelebihan metode dakwah Pondok Pesantren Al-Falah dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah. Jenis penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini kepala Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Falah, pengurus dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun metode dakwah yang digunakan tersebut dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah pada masyarakat Rawas jl Pagar Baru yaitu metode dakwah bil-lisan (kajian ilmu keagamaan), metode dakwah bil-hal (metode dakwah dengan keterampilan menjait),mereka bisa beriteraksi bersama saling tolong menolong, metode dakwah dengan seni budaya hadrah, masyarakat dapat menjalin silaturahmi). Namun keberadaan Pondok Pesantren Al Falah di anggap penting karena banyak hal-hal positif yang diperoleh oleh masyarakat rawas terlebih dalam hal Ukhuwah Islamiyah, yang semakin meningkat serta ilmu keagamaan yang mendalam. Adapun kekurangan dan kelebihan metode dakwah dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah yaitu kelebihanya metode dakwah iii bil-lisan(materi yang disampaikan mudah dipahami karena adanya Tanya jawab lansung dengan da’i),metode bilkolam(materi yang disampaikan mudah diingat, mudah di pelajari, mudah di hafal), metode bil-hal(dengan metode ini da’I dapat lebih mudah menyampaikan dakwahnya karena seorang da’I bergaul lansung dengan mad’unya).sedangkan kelemahanya metode dakwah ini ialah banyak mengeluarkan biaya, tidak semua orang bisa membaca,tidak semua orang dapat mendengarka, dan tidak semua dapar berbaur karena sasaran dakwah bukan hanya anak remaja dan dewasa, anak kecil dan orang tua .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:14
Last Modified: 21 Sep 2022 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20936

Actions (login required)

View Item View Item