PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG

DANIA, EKA PUTRI (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena penggunaan teknologi dalam pembelajaran belum dimanfaatkan dengan baik. Bahan ajar yang digunakan dari segi tampilan kurang memadai serta ketersediaan bahan belajar di sekolah jumlahnya masih terbatas. Masalah lainnya yaitu kemampuan literasi sains peserta didik yang masih dalam kategori rendah. Bahan ajar yang digunakan pendidik belum sepenuhnya memuat indikator literasi sains. Pendidik belum pernah menggunakan e-modul berbasis pendekatan socio-scientific issues yang dapat meningkatkan literasi sains. Tujuan penelitian yaitu : (1) mengetahui karakteristik e-modul berbasis socio-scientific issues (2) mengetahui kelayakan e-modul berbasis socio-scientific issues (3) mengetahui efektivitas e-modul berbasis socio-scientific issues. Penelitiaan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian ini menggunakan langkah penelitian pengembangan Borg & Gall yang meliputi delapan tahapan pengembangan. Hasil validasi produk e-modul berbasis socio-scientific issues sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan yang didapatkan yaitu dari ahli bahasa 97,92%, ahli materi 82,38%, ahli media 85,28% dan ahli soal 83,33%. Hasil penilaian dari pendidik biologi yaitu 75,00% dengan kategori layak digunakan. Hasil respon peserta didik diperoleh sebesar 81,13% dengan kategori sangat layak. Keefektifan e-modul dapat meningkatkan literasi sains peserta didik dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,67. Maka, disimpulkan bahwa e�modul berbasis socio-scientific issues efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains. Kata Kunci : E-Modul Biologi, Literasi Sains, Perubahan Lingkungan, Socio-Scientitic Issues

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:02
Last Modified: 21 Sep 2022 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item View Item