TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 2 PERATURAN BUPATI LAMPUNG UTARA NOMOR 21 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERDESAAN SEHAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2014 (Studi Desa Jagang Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara)

Sofyan, Wegi Alfariki (2022) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 2 PERATURAN BUPATI LAMPUNG UTARA NOMOR 21 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERDESAAN SEHAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2014 (Studi Desa Jagang Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sofyan Wegi Alfariki.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kesehatan adalah investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pembangunan kesehatan pada hakekatnya merupakan upaya yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang di Desa Jagang telah ada nya Peraturan tentang pelaksanaan pendesaan sehat yang dimana di tujukan untuk masyarakat Desa Jagang namun dalam pelaksananya masin belum sepenuh nya di laksanakan karena terkendala covid-19. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana Implementasi Pasal 2 Peraturan Bupati Lampung Utara Nomor 21 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembangunan Perdesaan Sehat Kabupaten Lampung Utara Tahun 2014 (Studi Desa Jagang Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara) serta bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap program desa sehat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 2 Peraturan Bupati Lampung Utara Nomor 21 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembangunan Perdesaan Sehat Kabupaten Lampung Utara Tahun 2014 (Studi Desa Jagang Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara) di Desa Jagang tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap peristiwa dan data-data lapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lapangan, dan data sekunder adalah kesaksian atau data yang tidak berkaitan langsung dengan sumbernya yang asli. Sumber data yang diperoleh secara langsung mencakup dokumen-dokumen resmi, jurnal hukum, laporan hukum dan media cetak atau elektronik, undang�undang, kamus hukum, dan lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Peraturan Bupati Lampung Utara tentang Program desa sehat tersebut belum dilaksanakan dan diterapkan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena dalam penerapan nya masih terdapat kendala yang terjadi seperti anggaran dana tersebut dialihkan untuk penanggulangan covid beberapa program masih berlum terlaksanakan dengan sempurna sehingga beberapa program yang diterapkan belum semua berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam perspektif fiqih siyasah pelaksaanan tersebut belum dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan perspektif fiqih siyasah tanfidziyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:36
Last Modified: 20 Sep 2022 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20918

Actions (login required)

View Item View Item