ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP STRATEGI PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN) DALAM PEMENANGAN PILKADA 2018 DI KABUPATEN EMPAT LAWANG (Studi Kasus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) di Kabupaten Empat Lawang)

DANDI, IRAMA (2022) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP STRATEGI PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN) DALAM PEMENANGAN PILKADA 2018 DI KABUPATEN EMPAT LAWANG (Studi Kasus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) di Kabupaten Empat Lawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan salah satu bagian dari demokrasi yang menjadi gerbang utama dalam membangun kepemimpinan di daerah. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Empat Lawang diikuti oleh 3 paslon dimana Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) dalam hal ini ikut berpartisipasi pada pemilihan kepala daerah 2018 di kabupaten Empat Lawang dengan mengusung pasangan calon nomor urut 2 Joncik Muhammad dan Yulius Maulana dengan strategi konsolidasi partai dari tingkat kabupaten, kecamatan serta desa dan mengadakan koalisi dengan partai-partai yang ada di kabupaten empat lawang yang bisa berapresiasi dengan mendukung paslon nomor urut 2 serta mengutkan jaringan kekeluargaan, persahabatan dan jaringan organisasi dan juga melakukan pendekatan terhadap pemilih pemula. Dalam menerapkan strategi ini banyak pihak yang menolak ajakan berkoalisi dan serta banyak juga jariangan yang berbeda pandangan dan belum siap untuk terjun kepolitik. Serta terjadinya konflik tim pemenangan paslon yang memakan korban. Dari samua permasalahan tersebut pemilihan kepala daerah kabupaten empat lawang bisa dimengakan oleh paslon nomor urut 2 Joncik Muhammad dan Yulius Maulana dari Partai Amanat Nasional (PAN) serta partai yang berkoalisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi DPD partai PAN pada pilkada 2018 yang lalu bisa memenangkan pilkada dikabupaten Empat Lawang (2) bagaimana perspektif siyasah terhadap strategi partai PAN dalam pemenangan pemilihan kepala daerah. Dengan tujuan untuk mengetahui strategi format politik dalam pemenangan pemilihan kepala daerah dan untuk mengetahui prespektif siyasah terhadap strategi partai PAN dalam pemilihan kepala daerah dikabupaten Empat Lawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini field research dan library research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview dan metode dokumentasi yang nantinya akan dianalisis sehingga menghasilkan data deskriftip yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat dimengerti. iii Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan DPD PAN Empat Lawang untuk mengusung pasangan calon Joncik Muhammad dan Yulius Maulana adalah melakukan konsolidasi koordinasi keseluruhan tingkatan partai mulai dari tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, dan sampai ketingkatan desa untuk memberi tahu tentang calon yang bakal diusung kepada masyarakat dan menguatkan jaringan. Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap strategi yang digunakan dalam memenangkan calon sudah sesuai dengan prinsip musyawarah, persaudaran, persatuan dan perdamaian. Mengacuh pada fiqh siyasah dusturiyah tidak bertentangan dengan prisip-prinsip al-qur’an dan al hadits dikarnakan tidak ada unsur many politik bagi-bagi sembako dalam pemilihan kepala daerah tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:55
Last Modified: 19 Sep 2022 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item