IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM KECAPI KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN

NUR, ROHMAH (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM KECAPI KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ROHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NUR ROHMAH NIM: 1611010478 Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran pada sekolah-sekolah yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. Masih banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 akan tetapi dalam pelaksanaannya masih menggunakan KTSP. Mata pelajaran rumpun PAI yang terlebih dahulu menggunakan kurikulum 2013 tidak menjadikan implementasinya dapat dikatakan maksimal, salah satunya pada mata pelajaran Al-qur’an hadits. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Pesawaran yaitu MTs Nurul Islam Kecapi yang lokasinya berada di daerah pegunungan. Letak lokasi yang cukup strategis membuat peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian di sana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang di dalamnya peneliti bertindak sebagai instrument penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam agar peneliti memperoleh data secara mendalam, observasi partisipan pasif dimana peneliti hanya mengamati fenomena yang terjadi dan tidak terlibat langsung dalam kegiatan yang ada dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclision Drawing atau Verifikasi sebagai mana dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Alqur’an hadits di MTs Nurul Islam Kecapi menunjukkan bahwa 1) Pada tahap perencanaan guru sudah mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik dalam bentuk RPP yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, penggunaan pendekatan sanitifik di MTs Nurul Islam Kecapi. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 bisa dilaksanakan secara maksimal pada kelas VII. Pada tahap penilaian yang dilakukan oleh guru di MTs Nurul Islam Kecapi pada mata pelajaran Al�qur’an hadits sesuai dengan kurikulum 2013 meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. a) Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. b) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan juga penugasan. c) Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan penilaian proyek atau praktikum. Kata kunci : : implementasi kurikulum 2013, Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:31
Last Modified: 15 Sep 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20896

Actions (login required)

View Item View Item