PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING BERBASIS HANDOUT ELEKTRONIK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL KELAS VII DI MTs MAMBA’UL ULUM

YUNIA, NUR FATONAH (2022) PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING BERBASIS HANDOUT ELEKTRONIK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL KELAS VII DI MTs MAMBA’UL ULUM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL YUNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT ELEKTRONIK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MTS MAMBAUL ULUM TANGGAMUS Oleh: YUNIA NUR FATONAH Hasil belajar High Order Thinking Skill merupakan perubahan kompetensi peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Berlandaskan hasil tes yang dilakukan menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pendidik masih menerapkan model pembelajaran yang belum melatih High Order Thinking Skill kemudian pola pembelajaran oleh pendidik belum aktif dimana pendidik masih terfokus pada penyampaian materi pembelajaran sehingga peserta didik bersifat pasif dalam mendapatkan informasi dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Resource Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih peserta didik aktif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resource based learning berbantuan handout elektronik terhadap High Order Thinking Skill pada materi pencemaran lingkungan di MTS Mambaul Ulum Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian eksperimen serta menggunakan metode Quasi Eksperimen, dengan desain the matching pretest-postest. Hasil ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan nilai signifikan kurang dari 0,05 yakni 0,000. Kata Kunci : Model pembelajaran Resource Based Learning, High Order Thinking Skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:40
Last Modified: 15 Sep 2022 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item