SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMA

NUR, ASTI RAMADHANI (2022) SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NUR ASTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri merupakan sikap positif seorang individu dan mampu untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan serta situasi yang diharapkannya, sehingga individu tersebut mensyukuri nikmat Allah, memiliki prasangka baik dan percaya dengan kekuasaan Allah. Dalam dunia pendidikan pencapaian keyakinan diri diajarkan kepada peserta didik, untuk mencapai yang diinginkan. Namun anak yang memasuki perkembangan remaja cenderung mengalami tingkah laku mala suai pada remaja, ketika perkembangannya tidak seimbang maka akan menimbulkan ketakutan, kecemasan, bahkan rasa tidak percaya diri. Layanan bimbingan kelompok lebih efisien untuk menangani masalah yang dihadapi oleh peserta didik pada tahap perkembangan remaja. penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa artikel relevan untuk mengetahui perkembangan artikel, metode-metode yang digunakan, untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya serta keefektifian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik SMA. Metode dalam penelitian ini meggunakan SLR (Systematic Literature Review) yaitu penelitian untuk melakukan identifikasi, evaluasi, dan interpretasi terhadap semua hasil penelitian yang relevan terkait pertanyaan penelitian tertentu, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian, Metode dalam pencarian sumber data jurnal artikel dilakukan melalui aplikasi PoP (Publish or Perish) dan portal GARUDA http://garuda.ristekbrin.go.id dengan menggunakan kata kunci “Bimbingan Kelompok Meningkatkan Percaya Diri SMA” yang diperoleh 1.205 paper dan diklasifikasikan berdasarkan protocol penelitian yakni RQ (Request Question) dan AQ (Answers Question) yang di tetapkan peneliti. sehingga diperoleh 28 artikel relevan. Berdasarkan hasil systematic literature review dari 28 artikel relevan tentang bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik sekolah menengah atas, diperoleh hasil yang cukup beragam yaitu perkembangan penelitian bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri, bimbingan kelompok dominan membahas jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan yang dominan menjadi subjek penelitian yaitu pada remaja kelas sepuluh, terdapat beberapa metode dalam penyelesaian masalah percaya diri dan yang dominan digunakan yakni pemanfaatan dinamika kelompok itu sendiri, artikel yang dianalisis memberikan pernyataan layanan bimbingan kelompok memberikan pengaruh serta iii memiliki keefektifan dalam membantu peserta didik meningkatkan kepercayaan dirinya. Kata kunci: Systematic Literature Review, Bimbingan kelompok dan Kepercayaan Diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:01
Last Modified: 14 Sep 2022 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20888

Actions (login required)

View Item View Item