Ayu, Puspita Sari Harahap (2022) MANAJEMEN PELAYANAN PERKAWINAN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Pelayanan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan menjadi hal pokok dalam suatu aktivitas di bidang pemerintahan yang tidak dapat dilakukan oleh orang banyak. Kantor Urusan Agama Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung adalah lembaga yang melayanai 5 kelurahan sekaligus yang bergerak dibidang pemerintahan. Maka dibutuhkannya pelayanan , juga meningkatkan kualitas layanan demi mempertahankan loyalitas kepada calon pengantin. Hal inilah yang menarik penulis untuk mengetahui kondisi pelayanan terhadap kursus calon pengantin, sehingga terumuslah judul: “Manajemen Pelayanan Perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung” yang memiliki rumusan masalah “Bagaimana Perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung?” yang memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas pelayanan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis lapangan ( field reseach) yaitu suatu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptiif yaitu penelitian berupaya menghimpun, mengolah dan menganalisis dat asecara kualitatif deskriptif. maksudnyamelakukan pendekatan investigasi, peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka secara langsung dan berinteraksi dengan orang-orang ditempat penelitia. Memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pokok permasalahan yang penulis teliti, bukan berarti untuk menguji atau mencari teori baru. Analisis penulis dalam Karya ilmiah ini adalah Manajemen Pelayanan Perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung sudah menggunakan fungsi manajemen mulai dari menggunakan fungsi manajemen dari planning, organizing, actuating,maupun controlling dan sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku dan berusaha memberikan kualitas layanan yang terbaik dengan memberikan layanan melebihi dari harapan dari suscatin dengan indikator tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, Kantor Urusan Agama Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung, sudah memberikan layanan yang berkualitas kepada suscatin,dan juga calon pengantin merasa pelayanannnya terpenuhi dan merasanyaman terhadap pelayanan sehingga terciptanya loyalitas dari calonpengantin terhadap Kantor Urusan Agama Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Manajemen Pelayanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:31 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:31 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20886 |
Actions (login required)
View Item |