PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP LITERASI SAINS DAN SELF ESTEEM PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

RINI, TRI SAPUTRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP LITERASI SAINS DAN SELF ESTEEM PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan literasi sains dan self esteem peserta didik berdasarkan dari hasil pra�penelitian, hal tersebut disebabkan karena kurangnya minat peserta didik dalam membaca, dan pasifnya peserta didik dalam pembelajaran sehingga kemampuan literasi sains dan peserta didik masih tergolong rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas X MIPA SMA Negeri 14 Bandar Lampung menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling, dengan 2 sampel kelas yaitu kelas X MIPA 3 (kelas eksperimen) menerapkan model pembelajaran RICOSRE dan X MIPA 4 (kelas kontrol) menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan hasil data analisis yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, hasil uji Manova thitung ≤ ttabel dengan  = 0,05, diperoleh hasil literasi sains 0,000 < 0,05 dan self esteem 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa. 1) Terdapat pengaruh model RICOSRE terhadap literasi sains siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMAN 14 bandar Lampung, 2) Terdapat pengaruh model RICOSRE terhadap self esteem siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMAN 14 bandar Lampung. Kata Kunci: Literasi Sains, Model RICOSRE, Self Esteem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:17
Last Modified: 13 Sep 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item View Item