MENGEMBANGKAN KREAKTIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B 2 TK HANDAYANI TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG

JAYANTI, SAFITRI (2022) MENGEMBANGKAN KREAKTIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B 2 TK HANDAYANI TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1- 2 - 5- Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI JAYANTI SAFITRI 1711070128.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan aktivitas menggambar di kelompok B 2 TK Handayani Tanjung Karang Barat Bandar Lampung masih menunjukan berbagai permasalahan, salah satu nya mereka kurang mendapat kesempatan untuk mengembangkan kreaktivitas khususnya melalui coretan dalam bentuk gambar dan sebagian besar anak mengeluh kesulitan saat harus meniru persis contoh gambar dari guru. Padahal menggambar menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bakat dan minat yang dapat dilukiskan atau disampaikan oleh anak usia dini dalam bentuk coretan atau goresan. Melalui menggambar ini anak usia diberikan kesempatan dan kebebasan seluas-luasnya untuk menggunakan ide, gagasan, perasaan pengalaman yang dilihatnya dengan menggunakan jenis pelaratan menggambar tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengembangkan kreaktivitas anak melalui kegiatan menggambar pada anak usia dini kelompok B2 TK Handayani Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk membuat skripsi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru dan 15 peserta didik dikelas B 2. Kemudian teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui kreativitas anak dalam menggambar. Langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak mengalami peningkatan pada kreaktivitas menggambar anak. Kemampuan kreaktivitas menggambar anak ditunjukkan dengan anak mencapai indikator-indikator mengembangkan kreaktivitas anak menggambar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Mengembangkan kreaktivitas anak melalui kegiatan menggambar pada anak usia dini B 2 TK Handayani Tanjung Karang Barat Bandar Lampung, dapat berkembang sangat baik melalui kegiatan menggambar, hal ini ditunjukan dengan tercapainya indikator – indikator dalam perkembangan kreativitas menggambar anak. Dari 15 anak yang masih belum berkembang dalam kegiatan menggambar dengan baik terdapat 1, kemudian 4 anak yang mulai berkembang dan 10 anak yang berkembang sesuai harapan dalam mengembangkan kreaktivitas anak. Oleh karena itu mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar berkembang dengan baik. Kata Kunci : Kreaktivitas, Menggambar, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:16
Last Modified: 13 Sep 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20877

Actions (login required)

View Item View Item