PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA

NOVITASARI, Sarbani (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5+dapus.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu permasalahan dimana peserta didik seringkali membaca buku hanya sebatas mematuhi perintah guru saja tanpa berusaha memahaminya. Di dalam proses pembelajaran kemampuan membaca menjadi hal utama yang sangat penting bagi peserta didik dimana hal ini dapat memudahkannya memahami materi pembelajaran. Namun, peserta didik diharapkan tidak hanya sekedar mampu membaca tetapi juga dapat memahami dengan baik isi dari materi bacaan serta mampu mengungkapkan pengetahuan yang didapatkan yang berdampak pada hasil belajar yang maksimal. Dalam hal ini tentulah membutuhkan suatu strategi pembelajaran yang dianggap mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Peneliti memiliki ketertarikan terhadap strategi pembelajaran PQ4R yang banyak dikenal untuk membantu peserta didik memahami materi yang mereka baca. Sehingga peneliti merumuskan permasalahan dalam penelitian ini mengenai apakah strategi pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bukit Kemuning Lampung Utara dimana peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan design true ekspremiental design dengan menggunakan the posttest control group designdimana teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini ialah kelas X MIPA dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang diambil secara simple random samplingdimana pengambilan anggota sampel diambil secara acak karena anggota populasi dianggap homogen dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan tidak menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data dapat dilihat bahwa Strategi Pembelajaran PQ4R memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bukit Kemuning Lampung Utara. Hal ini dubuktikan dengan perolehan hasil uji independent sample t-test bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu (8,341>2,000) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran PQ4R, Hasil Belajar iii ABSTRACT This research is motivated by a problem where students often read books only to the extent of obeying the teacher's orders without trying to understand them. In the learning process the ability to read is the main thing that is very important for students where this can make it easier for them to understand the learning material. However, students are expected not only to be able to read but also to be able to understand well the contents of the reading material and be able to express the knowledge gained which has an impact on maximum learning outcomes. In this case of course requires a learning strategy that is considered capable of creating an effective and fun learning atmosphere. Researchers have an interest in the well known PQ4R learning strategy to help students understand the material they read. So the researchers formulated the problem in this study regarding whether the PQ4R learning strategy had an effect on student learning outcomes in PAI subjects at SMA Negeri 1 Bukit Kemuning North Lampung where the researcher has a goal to determine the effect of the PQ4R learning strategy on student learning outcomes. This research is a type of quantitative research with a true experimental design using the posttest control group design where the data collection techniques use tests, observations and documentation. The population in this study was class X MIPA and the sample was taken using a random sampling technique taken by simple random sampling where the sample members were taken randomly because the population members are considered homogeneous with class X MIPA 1 as the experimental class that will use the PQ4R learning strategy and class X MIPA 3 as the control class by not using the PQ4R learning strategy. Based on the results of data analysis and processing it can be seen that the PQ4R Learning Strategy has an influence on student learning outcomes in PAI subjects at SMA Negeri 1 Bukit Kemuning, North Lampung. This is evidenced by the results of the independent sample t-test that the value of t count > t table (8,341>2,000) then Ha is accepted and Ho is rejected. Keyword : Learning Strategies PQ4R, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:40
Last Modified: 13 Sep 2022 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20871

Actions (login required)

View Item View Item