ANALISI PERAN SEKTOR PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petani Tambak Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran)

Intan, Safitri (2022) ANALISI PERAN SEKTOR PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petani Tambak Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (807kB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sektor perikanan merupakan suatu kegiatan yang memanfaatkan hasil sumber daya perikanan baik untuk perikanan laut maupun perikanan darat, sehingga dapat memberikan nilai tambah yang tinggi. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana peran sektor perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran dan bagaimana peran sektor perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sektor perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran dan peran sektor perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang dilakukan dengan membaca, memahami dan mencatat berbagai bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan serta mencari data yang bersumber dari desa Durian. Sifat penelitian ini adalah deskripsi kualitatif yang berasal dari wawancara, observasi dan dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling artinya pemilihan sampel secara sengaja dengan kriteria tertentu. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa indikator dalam memberikan pengaruh atau dampak positif yaitu terbukanya lapangan pekerjaan. Dalam perspektif ekonomi Islam peran tambak udang Vanname mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Durian, tetapi hanya sampai pada pemenuhan kebutuhan Dharuriyat (Primer), dan Hajiyat (Sekunder), sedangkan kebutuhan Tahsiniyat (Tersier) dapat bisa terpenuhi. Kata Kunci: Sektor Perikanan, Kesejahteraan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:42
Last Modified: 12 Sep 2022 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20867

Actions (login required)

View Item View Item