PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATHFAL ARRUSYDAH III BANDAR LAMPUNG

Diandra, Harditia (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATHFAL ARRUSYDAH III BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Diandra Harditia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran problem based learning adalah model pembelajaran yang dirancang agar anak memperoleh pengetahuan yang membuat mereka mahir dalam kemampuan memecahkan masalah serta memiliki, kecakapan berpartisipasi dalam kelompok. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yang sistematis untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang akan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dengan penelitian tindakan kelas atau disebut classroom action research. Penelitian ini akan dilaksanakan di Raudatul Athfal Arrusyidah III Bandar Lampung. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah Raudatul Athfal Arrusyidah III, guru kelas, dan anak pada kelompok B Raudatul Athfal Arrusyidah III yang berjumlah 15 anak. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Sumber data penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian tindak kelas ini menggunakan Model Kemmis dan McTaggart. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Hal ini dibuktikan pada pertemuan 1 siklus I peserta didik yang mencapai kemampuan pemecahan masalah pada kategori BSB sebanyak 4 orang dengan persentase 27%. pertemuan 2 siklus I peserta didik yang mencapai kemampuan pemecahan masalah pada kategori BSB sebanyak 6 orang dengan persentase 40%. Pertemuan 1 siklus II peserta didik yang mencapai kemampuan pemecahan masalah pada kategori BSB sebanyak 9 orang dengan persentase 60%. Pertemuan 2 siklus II peserta didik yang mencapai kemampuan pemecahan masalah pada kategori BSB sebanyak 12 orang dengan persentase 80%. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Anak Usia Dini iii ABSTRACT Problem based learning learning model is a learning model designed so that children acquire knowledge that makes them proficient in problem solving skills and have the ability to participate in groups. The learning process uses a systematic approach to solving problems or facing challenges that will be found in everyday life. Research with classroom action research or called classroom action research. This research will be conducted in Raudatul Athfal Arrusyidah III Bandar Lampung. The application of this learning model is carried out in two cycles. The subjects in this study were the principal of Raudatul Athfal Arrusyidah III, class teachers, and 15 children in group B of Raudatul Athfal Arrusyidah III. The object of this research is the application of problem based learning model to develop problem solving ability of early childhood. Sources of research data obtained from interview techniques, observation, documentation. This classroom follow-up study uses the Kemmis and McTaggart Model. Based on the results of the study, it was found that the application of the problem based learning model could improve the problem solving ability of early childhood. This is evidenced at the first meeting of the first cycle of students who achieved problem-solving skills in the BSB category as many as 4 people with a percentage of 27%. In the second meeting of the first cycle, there were 6 students who achieved problem solving skills in the BSB category with a percentage of 40%. The first meeting of the second cycle of students who achieved problem-solving skills in the BSB category were 9 people with a percentage of 60%. The second meeting of the second cycle of students who achieved problem-solving skills in the BSB category were 12 people with a percentage of 80%. Keywords: Problem Based Learning Model, Problem Solving Ability, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:37
Last Modified: 12 Sep 2022 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20866

Actions (login required)

View Item View Item