TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR ILEGAL DI DESA PANCASILA LAMPUNG SELATAN (Studi Pada Desa PancasilaKabupaten Lampung Selatan)

Habib, Burohman (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR ILEGAL DI DESA PANCASILA LAMPUNG SELATAN (Studi Pada Desa PancasilaKabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of HABIB FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penambangan ilegal merupakan masalah sosial yang ada dalam setiap masyarkat. Banyak faktor dan dampak yang terjadi akibat adanya penambangan ilegal, yakni faktor ekonomi yang menyebabkan masyarakat harus melakukan penambangan liar guna mencukupi kebutuhan hidup. Selain itu ada pula dampaknya, yaitu terjadi kerusakan alam dan infrastruktur yang ada seperti rusaknya jalan umum yang biasa dipakai masyarakat. Dalam konsep fiqh lingkungan konteks ini sangat berkesandingan dengan Maqashid Al�Syariah di mana di dalam nya konteks lingkungan hidup ini berkaitan dengan konsep mashlahah, karena dalam pengertian sederhana, mashlahah merupakan sarana untuk merawat maqasahid syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana dampak kegiatan penambangan pasir illegal terhadap kondisi lingkungan hidup di desa pancasila, kabupaten lampung selatan? 2)Bagaimana pandangan fiqh siyasah tanfidziyah terhadap dampak kegiatan penambangan pasir ilegal terhadap kondisi lingkungan hidup di desa pancasila, kabupaten lampung selatan? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research. Adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada dilapangan. Peneliti akan meneliti data yang ada di lokasi penambangan pasir di desa Pancasila. Data diperoleh dari hasil wawancaradengan Kepala Dinas Pertambangan Lampung Selatan, Penambang Pasir, Masyarakat, dan Aparatur Desa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Dampak kegiatan penambangan pasir ilegal terhadap kondisi lingkungan hidup di Desa Pancasila, Kabupaten Lampung Selatan memberikan dampak positif dan dampak negatif terhadap kondisi lingkungan, dampak positif diantaranya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat dan membuka lapangan pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya terdiri dari meningkatnya polusi udara, menurunya kualitas air, kebisingan, serta rusaknya jalan dan laju air. Pandangan fiqh siyasah tanfidziyah terhadap dampak kegiatan penambangan pasir ilegal terhadap kondisi lingkungan hidup di Desa Pancasila, Kabupaten Lampung Selatan sudah sesuai dengan syariat Islam, bahwa Islam telah melarang umat manusia melakukan aktivitas yang merusak lingkungan, manusia, memiliki kewajiban untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan, sebagaimana telah dijelaskan dalam Alquran Surat AR-Rum Ayat:41.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:13
Last Modified: 12 Sep 2022 06:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item