JUAL BELI AIR GALON ISI ULANG DENGAN SISTEM PRE ORDER MENGGUNAKAN KUPON PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Koperasi Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung)

ALVIA, FATHIYATUR RIZQY (2022) JUAL BELI AIR GALON ISI ULANG DENGAN SISTEM PRE ORDER MENGGUNAKAN KUPON PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Koperasi Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALVIA FATHIYATUR RIZQY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam Islam jual beli dengan sistem pre-order termasuk jual beli akad istishna’ yang merupakan suatu jenis khusus dari akad salam, karena ia termasuk jual beli yang objek kebendaanya belum tersedia. Sistem pre-order ini telah diterapkan pada praktik jual beli isi ulang air galon oleh koperasi Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung menggunakan sebuah kupon sebagai bukti pemesanan galon. Pada praktiknya, jual beli tersebut tidak memiliki batasan atau ketentuan waktu mulai dari pembuatan barang sampai dengan penyerahan barang pesanan yang telah jadi sehingga terjadi keterlambatan sampainya galon ke tangan pembeli. Adapun rumusan masalah adalah bagaimana praktik jual beli air galon isi ulang dengan sistem pre-order menggunakan kupon di koperasi Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung dan bagaimana perspektif fiqh muamalah terhadap praktik jual beli air galon isi ulang dengan sistem pre-order menggunakan kupon di koperasi Ma’ had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli air galon isi ulang dengan sistem pre-order menggunakan kupon di koperasi Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung dan untuk mengetahui perspektif fiqh muamalah terhadap praktik jual beli air galon isi ulang dengan sistem pre-order menggunakan kupon di koperasi Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif analisis kualitatif. Data penelitian yang berhubungan dengan jual beli ini diperoleh melalui obrservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa dalam pembahasan ini menggunakan metode pola berfikir induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik jual beli air galon isi ulang dengan sistem pre-order dilakukan dengan memesan barang terlebih dahulu pada pihak koperasi kemudian menukarkan kembali galonnya menggunakan kupon yang telah diberi saat open pre-order dengan tujuan menjaga pengambilan iii galon di luar pemesanan dan ditinjau dari fiqh muamalah dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli ini termasuk jual beli istishna’ yang telah terpenuhi secara rukun namun belum memenuhi syarat sebab salah satu kewajibannya belum dapat terlaksana dengan baik yaitu pihak koperasi belum bisa memberikan kepastian waktu penyerahan pesanan galon secara pasti kepada mahasantri. Kata kunci: Jual beli Istishna, Kupon, Pre-order.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:06
Last Modified: 12 Sep 2022 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20859

Actions (login required)

View Item View Item