NETRALITAS LURAH PADA PILKADA 2020 PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah)

RAFSHAN, SYAHPUTRA (2022) NETRALITAS LURAH PADA PILKADA 2020 PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II  & DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Besarnya pengaruh lurah terhadap masyarakat, sering menjadikannya sebagai panutan bagi masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya sebagai aparat pemerintah Kelurahan, sering terdapat lurah yang terlibat dalam politik, di mana ia berperan sebagai penggerak politik masyarakat. Hal tersebut tentunya sangat bertolak belakang dengan jabatannya sebagai aparatur pemerintahan yang diharapkan berlaku netral dalam politik. Dengan keterlibatan lurah dalam berpolitik tentunya akan menimbulkan berbagai macam persepsi di kalangan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana netralitas lurah pada Pilkada 2020 di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah? Bagaimana perspektif siyasah tanfidziyah terhadap netralitas lurah pada Pilkada 2020 di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui netralitas lurah pada Pilkada 2020 di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui perspektif siyasah tanfidziyah terhadap netralitas lurah pada Pilkada 2020 di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan interview dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu, editing, coding, dan sistematisasi data. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, lurah di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah pada Pilkada 2020 dianggap tidak netral karena mendukung salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah. Anggapan itu didasarkan pada kejadian�kejadian di lapangan pada proses kampanye, di mana lurah seringkali melarang dan membubarkan masa yang melakukan kampanye dengan alasan protokol kesehatan. Lurah juga mengadakan pengajian bapak�bapak dan ibu-ibu, kemudian setelah selesai acara pengajian lurah iii memberikan kata sambutan berupa ucapan terima kasih serta menghimbau agar mendukung dan memilih pasangan calon Kepala Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Kedua, netralitas lurah pada Pilkada 2020 di Kelurahan Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah bertentangan dengan siyasah tanfidziyah, hal ini dikarenakan lurah di Kelurahan Gunung Sugih Raya telah melanggar sumpahnya untuk mentaati peraturan perundang-undangan yang dalam hal ini untuk bersikap netral dan tidak memihak pasangan calon tertentu dan ini bertentangan dengan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:07
Last Modified: 09 Sep 2022 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item