PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN M-APOS (MODIFICATION, ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEMA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

ZAHRA, HAMIDAH MULYA PUTRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN M-APOS (MODIFICATION, ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEMA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Full Zahra Hamidah Mulya Putri 1811050337.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis dalam ilmu matematika merupakan dasar dalam belajar matematika secara lebih bermakna. Rendahnya pemahaman konsep dan berpikir kritis matematis siswa dilihat dari hasil pra survei disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan pendidik berkesan monoton dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran M-APOS (Modification, Action, Process, Object, Schema) dengan tujuan untuk melihat (1) pengaruh antara model pembelajaran M-APOS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematis, (2) pengaruh antara model pembelajaran M-APOS terhadap pemahaman kosep matematis, (3) pengaruh antara model pembelajaran M�APOS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpilan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan berpikir kritis matematis berupa soal uraian. Pengujian hipotesis menggunakan Multivariate Analysis of Varians (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran M-APOS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematis. Peserta didik yang memperoleh model pembelajaran M�APOS mendapatkan hasil pemahaman konsep dan berpikir kritis lebih baik dari peserta didik yang memperoleh model pembelajaran ekspositori. Menggunakan pembelajaran M-APOS kemampuan pemahaman konsep peserta didik lebih tinggi dibandingkan berpikir kritis matematis, (2) terdapat pengaruh antara model pembelajaran M-APOS terhadap pemahaman kosep matematis, (3) terdapat pengaruh antara model pembelajaran M-APOS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: M-APOS, Pemahaman Konsep, dan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:09
Last Modified: 09 Sep 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20847

Actions (login required)

View Item View Item