BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MELALUI ISLAMIC STORYTELLING TERHADAP PERILAKU MALADAPTIF ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF TUMENGGUNGAN, WONOSOBO, JAWA TENGAH

Yuliani, Muhammad Yamin (2022) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MELALUI ISLAMIC STORYTELLING TERHADAP PERILAKU MALADAPTIF ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF TUMENGGUNGAN, WONOSOBO, JAWA TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anak cenderung mempunyai perilaku yang sulit untuk dipahami seperti perilaku maladaptif, penanaman nilai-nilaikarakter dan moral membutuhkan metode yang tepat salah satunya menggunakan metode storytelling. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam melalui Islamic storytelling dan untuk mengetahui hasil dari proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam melalui Islamic Storytelling dalam menangani perilaku maladaptif anak di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Tumenggungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Jenis Penelitian ini adalah jenis peneltian lapangan (field research). pendekatan penelitian ini adalah Menggunakan pendekatan kualitatif, sifat penelitian ini bersifat Deskriptif sesuai dengan apa yang diperoleh dilapangan. sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari bapak mutakkin dan ibu sri munjaenah dan anak yang berprilaku maladaptif yang berjumlah 8 orang anak dari kelas empat sampai kelas enam di dapat langsung dari lapangan di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Tumenggungan, Wonosobo, Jawa Tengah. sedangkan sumber data sekunder didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung dari Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Tumenggungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan bimbingan Islamic storytelling kepada anak di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Tumengungan Wonosobo Jawa Tengah yang mempunyai perilaku maladaptif di lakukan dengan mengidentifikasi masalah, diagnosis, prognosis, langkah terapi, langkah evaluasi dan follow up. Tingkat keberhasilan bimbingan dan konseling Islam melalui teknik Islamic storytelling dalam menangani perilaku maladaptif anak dapat dibuktikan dengan adanya perubahan perilaku pada diri konseli yang tampak lebih baik dan adanya penurunan perilaku maladaptif anak. Katakunci: Perilaku maladaptif, anak, Islamic storyteling. iv ABSTRACT Children tend to have behaviors that are difficult to understand, such as maladaptive behavior, the cultivation of character and moral values requires the right method, one of which is the storytelling method. The purpose of this study was to determine the process of implementing Islamic guidance and counseling through Islamic storytelling and to find out the results of the process of implementing Islamic guidance and counseling through Islamic Storytelling in dealing with maladaptive behavior of children at Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Tumenggungan, Wonosobo, Central Java. This type of research is a type of field research (field research). the approach of this research is to use a qualitative approach, the nature of this research is descriptive in accordance with what is obtained in the field. The source of data in this study is primary data obtained from Mr. Mutakkin and Mrs. Sri Munjaenah and children who behave maladaptively, totaling 8 children from grades four to grade six obtained directly from the field at Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Tumenggungan, Wonosobo, Central Java. while the secondary data sources were obtained from observations, interviews, and direct documentation from Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Tumenggungan, Wonosobo, Central Java. The analytical technique used in this study uses descriptive qualitative analysis. The results showed that the process of implementing Islamic storytelling guidance to children who had maladaptive behavior was carried out by identifying problems, diagnosis, prognosis, therapeutic steps, evaluation steps and follow-up. The success rate of Islamic guidance and counseling through Islamic storytelling techniques in dealing with children's maladaptive behavior can be proven by changes in behavior in counselees who look better and a decrease in children's maladaptive behavior. Keywords: Maladaptive behavior, children, Islamic storyteling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:45
Last Modified: 09 Sep 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20845

Actions (login required)

View Item View Item