PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

INDAH, PERMATASARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Indah Permatasari_1711050051.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan yang dilakukan ini menggunakan Augmented Reality. Kepopuleran Augmented Reality yang semakin eksis di era digital ini membuat peneliti sangat tertarik untuk mengaplikasikannya ke dalam media pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis berupa aplikasi android. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik dan kurang maksimalnya penggunaan teknologi digital pada proses pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan, lembar angket validator ahli media dan ahli materi, serta angket respon kemenarikan. Hasil validasi media dan materi diperoleh skor sebesar 3,50 dan 3,56 dengan kagetori “Layak Digunakan”. Respon kemenarikan peserta didik dilakukan dengan uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,69 dan 3,63 dengan kategori “Sangat Menarik”. Kata Kunci : Media Pembelajaran Matematika; Augmented Reality (AR); Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:37
Last Modified: 09 Sep 2022 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20844

Actions (login required)

View Item View Item