PERAN ORGANISASI IPPNU DALAM PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN ISLAM UNTUK PEREMPUAN DI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

SELA, SELVIANA (2022) PERAN ORGANISASI IPPNU DALAM PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN ISLAM UNTUK PEREMPUAN DI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perempunan sedari kecil harus diberikan pendidikan Islam, mereka akan mengalami kesulitan dan kebingungan serta tidak mengetahui apa yang harus diperbuat, Pada masa remaja ini dia akan mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, mudah terbawa pada pergaulan bebas dan kehidupan yang tidak tertata. Pemberdayaan Pendidikan Islam untuk perempuan menjadi penting sebab pada dasarnya masa remaja perempuan adalah masa persiapan untuk berlatih dan membina potensi yang ada dalam dirinya sebagai hamba Allah yang berbakti, untuk menjadi calon istri dan ibu yang baik, calon cendekiawan muslimah, calon peneliti ilmiah, calon muballighah, calon ulama perempuan, calon politikus bangsa, calon pemimpin perempuan dan lain-lain yang sesuai dengan ajaran Islam dan sesuai juga dengan fitrah kewanitaan kesejahteraan tiap keluarga nantinya akan membantu terwujudnya kesejahteraan suatu negara. Perempuan sering disebut-sebut sebagai madrasah pertama. Dalam mempelajari pendidikan Islam dapat diperoleh secara formal, non�formal maupun informal. Melalui informal yaitu salah satunya organisasi IPPNU yang berada di lingkungan masyarakat. Peneliti mengambil judul “Peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara. Dengan rumusan masalah peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara, bagaimana upaya yang dilakukan organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara, dan apa faktor pendukung dan aktor penghambat bagi organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara. Dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan informan sebagai sumber informasi. Kesimpulan dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara adalah sebagai informator, komunikator, motivator, edukator, inovator dan fasilitator. Peran tersebut dijalankan dengan membentuk lembaga-lembaga, antara lain: lembaga jamiyah yaitu jamiyah IPPNU diisi dengan iii pembacaan kitab diba’ dan jamiyah khotmil qur’an. Lembaga pelatihan dan pengembangan yaitu pelatihan tilawah, hadroh dan pencak silat pagar nusa. Lembaga pendidikan yaitu ngaos kitab fathul qorib dan ziarah kubur. Lembaga peringatan hari besar Islam dan lembaga sosial yaitu berbagi takjil, bantu korban bencana alam dan koin mandiri pelajar NU. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Perempuan, IPPNU ABSTRAK Perempunan sedari kecil harus diberikan pendidikan Islam, mereka akan mengalami kesulitan dan kebingungan serta tidak mengetahui apa yang harus diperbuat, Pada masa remaja ini dia akan mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, mudah terbawa pada pergaulan bebas dan kehidupan yang tidak tertata. Pemberdayaan Pendidikan Islam untuk perempuan menjadi penting sebab pada dasarnya masa remaja perempuan adalah masa persiapan untuk berlatih dan membina potensi yang ada dalam dirinya sebagai hamba Allah yang berbakti, untuk menjadi calon istri dan ibu yang baik, calon cendekiawan muslimah, calon peneliti ilmiah, calon muballighah, calon ulama perempuan, calon politikus bangsa, calon pemimpin perempuan dan lain-lain yang sesuai dengan ajaran Islam dan sesuai juga dengan fitrah kewanitaan kesejahteraan tiap keluarga nantinya akan membantu terwujudnya kesejahteraan suatu negara. Perempuan sering disebut-sebut sebagai madrasah pertama. Dalam mempelajari pendidikan Islam dapat diperoleh secara formal, non�formal maupun informal. Melalui informal yaitu salah satunya organisasi IPPNU yang berada di lingkungan masyarakat. Peneliti mengambil judul “Peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara. Dengan rumusan masalah peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara, bagaimana upaya yang dilakukan organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara, dan apa faktor pendukung dan aktor penghambat bagi organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara. Dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan informan sebagai sumber informasi. Kesimpulan dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kabupaten Lampung Utara adalah sebagai informator, komunikator, motivator, edukator, inovator dan fasilitator. Peran tersebut dijalankan dengan membentuk lembaga-lembaga, antara lain: lembaga jamiyah yaitu jamiyah IPPNU diisi dengan iii pembacaan kitab diba’ dan jamiyah khotmil qur’an. Lembaga pelatihan dan pengembangan yaitu pelatihan tilawah, hadroh dan pencak silat pagar nusa. Lembaga pendidikan yaitu ngaos kitab fathul qorib dan ziarah kubur. Lembaga peringatan hari besar Islam dan lembaga sosial yaitu berbagi takjil, bantu korban bencana alam dan koin mandiri pelajar NU. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Perempuan, IPPNU

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:05
Last Modified: 08 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20843

Actions (login required)

View Item View Item