DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI TERHADAP KESEHATAN MENTAL ANAK DI KELURAHAN PENGAJARAN KOTA BANDAR LAMPUNG

NURAINI, PURWATI (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI TERHADAP KESEHATAN MENTAL ANAK DI KELURAHAN PENGAJARAN KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I,II,V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN_NURAINI PURWATI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_NURAINI PURWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kesehatan Mental yaitu dimana kondisi individu merasakan kebahagiaan di dalam hidupnya, tidak merasa ada tekanan dari manapun dan dapat mengembangkan potensinya dengan sangat baik, individu mempunyai hubungan baik kepada Tuhan dan manusia di sekitarnya. Seperti saat ini adanya pembelajaran daring membuat anak harus terbiasa menjalani proses pembelajarannya di rumah yang membuat suasana berubah yang biasa pergi ke sekolah untuk belajar namun karena pandemic ini anak belajar di rumah. Rumus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak pembelajaran daring pada masa pandemi terhadap kesehatan mental anak di Kelurahan Pengajaran Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian lapangan (field research) sifat penelitian deskriptif, yaitu: menceritakan keadaan yang ada dilapangan yaitu dampak pembelajaran daring pada masa pandemi terhadap kesehatan mental anak di Kelurahan Pengajaran Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan adanya pembelajaran daring ini banyak dampak yang ditimbulkan dari kesehatan mental anak baik positif maupun negatif yang dirasakan oleh anak. Pada penelitian ini banyak anak yang merasakan ketidak nyamanan saat proses pembelajaran daring berlangsung yang membuat mereka kesulitan saat belajar anak-anak merasa sedih dan merasa tertekan yang membuat kesehatan mental mereka terganggu namun bagi sebagian anak merasakan dampak positif anak merasakan senang dan nyaman saat pembelajaran daring berlangsung. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pembelajaran daring ini berdampak pada kesehatan mental anak ada yang berdampak negatif dan ada juga yang berdampak positif yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran mereka. Dari dampak yang di timbulkan perlunya peran dari orang tua agar proses pembelajaran daring ini membuat anak tetap belajar dengan baik dan yang berdampak negatif dapat berubah menjadi positif terhadap kesehatan mental anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:45
Last Modified: 08 Sep 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20838

Actions (login required)

View Item View Item