PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

AQILLA, MAULIDA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AQILLA MAULIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan di MA Al-Falah Muncak Pesawaran. Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik MA Al-Falah Muncak masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bersifat quasy experiment dengan rancangan penelitian faktorial 2x3. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA-Al-Falah Muncak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah turunan fungsi aljabar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal essay dan angket kemandirian belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis dengan taraf signifikan 5% diperoleh sehingga ditolak, sehingga ditolak, dan sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran group investigation dan kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. iii ABSTRACT The research was conducted at MA Al-Falah Muncak Pesawaran. The results of the pre-study showed that the mathematical problem solving ability of the MA Al-Falah Muncak students was still low. The purpose of this study was to determine the effect of the group investigation learning model on problem solving abilities in terms of students' learning independence. This research is a quasy experiment research with a 2x3 factorial research design. The sample of this research is the students of class XI MA-Al-Falah Muncak. The sampling technique used is cluster random sampling technique. The material used in this study is the derivative of algebraic functions. The instrument used to collect data is a mathematical problem solving ability test in the form of essay questions and learning independence questionnaires. The data analysis technique of this research is two way analysis with unequal cells. The results of the analysis with a significant level of 5% obtained was rejected, was rejected, and is accepted. Based on the results of the study, it can be concluded that: (1) There is an effect of the group investigation learning model on mathematical problem solving abilities, (2) There is an influence of high, medium and low learning independence on mathematical problem solving abilities, (3) There is no interaction between group learning models investigation and independent learning of students on mathematical problem solving abilities. Keywords: Group Investigation Learning Model, Independent Learning, and Mathematical Problem Solving Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:29
Last Modified: 08 Sep 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20837

Actions (login required)

View Item View Item