PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI KREATIF DI ERA DIGITAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung)

TRI, MERDAWATI (2022) PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI KREATIF DI ERA DIGITAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan permasalahan kemampuan Sumber Daya Manusia dalam sebuah usaha yang masih memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan perkembangan digital dalam menjalankan kegiatan usaha . Dimana SDM belum terlalu menguasai bagaimana perkembangan media sosial dalam metode pemasaran yang sedang tranding hampir diseluruh kalangan masyarakat dan memiliki peluang yang besar terhadap penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan produk UMKM Ekonomi Kreatif di era digital, pada UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung, kelurahan Pinang Jaya Kecamatan Kemiling, dimana dengan SDM yang memiliki kreatifitas tinggi akan menghasilkan produk yang sangat baik dan berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi yang ada dalam penelitian ini yaitu 14 orang karyawan dan 1 pemilik dari UMKM, dan sampel yang digunakan yaitu 1 orang yang merupakan pemilik dari UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung yaitu ibu Sulastri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran manajemen sumber daya manusia di UMKM Assyafa Batik dalam pengembangan produk ekonomi kreatif dapat dikatakan telah berhasil, dibuktikan dengan berkembangnya produk yang diproduksi telah banyak digunakan oleh kalangan instansi pemerintahan dan masyarakat menengah atas, dengan ini SDM juga telah memiliki kekreatifitasan dalam pengembangan produk di era digital dengan cara memanfaatkan media social, sehingga hasil produk dapat dikenal secara luas oleh peminat batik. Menurut perspektif Ekonomi Islam UMKM Assyafa Batik telah menerapkan nilai-nilai dasar ekonomi islam yaitu amanah, jujur dan adil serta telah menerapkan sikap tanggung jawab dalam usahanya. Sehingga membuat para konsumen mempercayai Assyafa Batik sebagai salah satu rekomendasi dalam membeli kain batik, dan juga dalam menjalani usahanya Assyafa Batik tidak merugikan pihak manapun baik dari pengelola, pengrajin, dan konsumen mendapatkan hak nya dengan sesuai. Kata Kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia (SDM), Produk, Ekonomi Kreatif, Era Digital, Ekonomi Islam iii ABSTRACT The problems raised in this study relate to the problem of the ability of Human Resources in a business that still has limitations in utilizing digital developments in carrying out business activities. Where HR has not yet mastered how the development of social media is trending in almost all circles and has great opportunities for sales, such as utilizing TikTok social media and selling by means of Tiktok Live. This study aims to find out how the role of human resource management in the development of Creative Economy MSME products in the digital era, at Assyafa Batik Tulis Lampung SMEs, Pinang Jaya village, Kemiling district, where with human resources who have high creativity will produce very good and quality products. This study aims to find out how the influence of human resources in the development of creative economic products in the digital era, at Assyafa Batik Tulis Lampung SMEs, Pinang Jaya village Kemiling District, where human resources who have high creativity will produce quality products. This study uses descriptive qualitative methods with data collection methods, namely observation, interviews, and documentation. The population in this study exist 14 employees and 1 owner from MSMEs, and the sample used was 1 person who was the owner of MSME Assyafa Batik Tulis Lampung, namely Mrs. Sulastri. The results showed that the influence of human resource management in MSME Assyafa Batik in product development can be said to have been successful, as evidenced by the development of products produced, and has been widely used by government agencies and upper standart class society, with this HR also has creativity in developing products in the digital era by utilizing social media, so that the product can be widely known by batik enthusiasts. According to the perspective of Islamic Economics, MSME Assyafa Batik has implemented the basic values of Islamic economics and has also implemented an attitude of responsibility in its business. So that it makes consumers trust Assyafa Batik as one of the recommendations in buying batik cloth, and also in carrying out its business Assyafa Batik does not harm any party, whether from managers, craftsmen, and consumers get their rights accordingly. Keywords: Management, Human Resources (HR), Product, Creative Economy, Digital Era, Islamic Economic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:05
Last Modified: 08 Sep 2022 02:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20836

Actions (login required)

View Item View Item