HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA KLUB SEHAT NUTRITION CLUB’S DI BANDAR LAMPUNG

YUSFI, BANU ARSANDI (2022) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA KLUB SEHAT NUTRITION CLUB’S DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada Klub Sehat Nutrition Club’s Di Bandar Lampung Oleh: Yusfi Banu Arsandi 1531080119 Kepuasan konsumen merupakan suatu tanggapan emosional pada evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa. Konsumen pada Klub Sehat memiliki standar kualitas yang berbeda – beda dalam menanggapi pelayanan jasa yang diterimanya. Konsumen yang memiliki standar kualitas pelayanan rendah akan menganggap hal tersebut biasa saja, tetapi jika konsumen memiliki standar kualitas pelayanan yang tinggi maka hal tersebut akan dianggap fatal karena membuat mereka tidak nyaman akan sikap pelayanan yang kurang maksimal dalam melayaninya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada klub sehat nutrition club’s di Bandar Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi yang meliputi : skala kepuasan konsumen yang terdiri dari 52 aitem yang nilai koefisien realibilitasnya α = 0,980, dan skala kualitas pelayanan terdiri dari 40 aitem yang nilai koefisien realibilitasnya α = 0,941. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 98 Konsumen dari masing-masing wilayah Klub Sehat Nutrition Club’s di Bandar lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment, yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 22.0 for Windows. Data yang dianalisis menunjukan hasil uji hipotesis dengan nilai koefisien korelasi dengan nilai r=0,605 dan signifikasi 0,000 dimana p < 0,01, yang artinya yaitu ada hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen di klub sehat nutrition club’s di Bandar Lampung. Artinya semakin tinggi kualitas pelayanan pada konsumen maka semakin tinggi juga kepuasan yang terjadi. sedangkan untuk sumbangan efektif (SE) variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 36,6% yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R²) sebesar 0,366. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada 63,4 % lainnya yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, misalnya, seperti kualitas produk,harga, promosi dan emosional. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:02
Last Modified: 08 Sep 2022 02:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20835

Actions (login required)

View Item View Item