STRATEGI ADAPTASI DALAM PENGEMBANGAN WISATA TALANG INDAH DI DESA PAJARESUK KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG

LARASHATI, NOVIA RIZKI (2022) STRATEGI ADAPTASI DALAM PENGEMBANGAN WISATA TALANG INDAH DI DESA PAJARESUK KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKIRPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKIRPSI LARASHATI NOVIA RIZKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan wisata merupakan salah satu pendekatan pemberdayaan yang melibatkan peran serta masyarakat sebagai tokoh penting dalam berbagai kegiatan kepariwisataan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. Namun, pada awal tahun 2020 dunia menghadapi pandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan manusia seperti politik, sosial, budaya, dan ekonomi. Adanya pandemi ini sempat melumpuhkan salah satu kegiatan ekonomi yaitu industri pariwisata, maka dari itu dibutuhkan suatu strategi dalam pengembangan wisata supaya menjadi pariwisata yang berkelanjutan dan dapat mensejahterakan atau menstabilkan perkonomian masyarakat lokal. Penelitian ini mengungkap bagaimana strategi adaptasi dalam pengembangan Wisata Talang Indah di Desa Pajaresuk Kabupaten Pringsewu Lampung dalam meningkatkan kembali jumlah wisatawan dan menstabilkan ekonomi masyarakat lokal di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan teori adaptasi menurut John W. Bennet tentang perilaku responsif manusia terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan, serta teori Edy Sutrisno tentang tahapan strategi dalam mengembangkan wisata. Untuk mendukung hal tersebut penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, serta metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam menentukan informan, penulis menggunakan teknik snowball sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data yang pada awalnya jumlahya sedikit, kemudian makin lama semakin besar sehingga jumlah sampel tersebut menjadi banyak, hal ini dilakukan karena dari jumlah sumber data sedikit itu diperkirakan belum mampu memberikan data yang lengkap. Hasil temuan penulis menyatakan bahwa strategi pengelola dalam mengembangkan wisata Talang Indah melalui strategi promosi cukup baik namun belum gencar dan konsisten dalam memberikan suguhan informasi atau postingan terkait wisata Talang Indah, sehingga masih banyak calon wisatawan yang belum mengetahui bahwa wisata Talang Indah sudah dibuka kembali. Strategi pengembangan produk wisata, merupakan langkah tepat untuk menarik dan menunjang kepuasaan wisatawan. Strategi menjalin kerjasama dengan publik yang dilakukan oleh pihak pengelola dengan masyarakat lokal, sangat mendapatkan kontribusi yang baik terhadap wisata Talang Indah. Dari strategi yang dilakukan oleh pihak pengelola terhadap pengembangan wisata Talang Indah mampu meningkatkan kembali jumlah wisatawan dan juga menstabilkan kembali sebagian perekonomian masyarakat sekitar yang sebagian besar memiliki usaha kantin di wisata Talang Indah. Kata Kunci: Pariwisata, Strategi Adaptasi, Pengembangan Wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:36
Last Modified: 07 Sep 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item View Item