STRATEGI PEMASARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi TPA Nurul Iman Desa Tanjung Raya Lampung Barat)

SISILIA, ANGGITA (2022) STRATEGI PEMASARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi TPA Nurul Iman Desa Tanjung Raya Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SISILIA ANGGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABTSRAK Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh terpadu dan menyatu pada upaya memasarkan suatu produk, baik barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga produk yang diberikan diminati oleh masyarakat, serta yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan. Dengan melakukan pemasaran yang baik maka akan membentuk citra yang baik pula bagi suatu lembaga, dan juga lembaga akan lebih mudah menunjukan keunggulanya kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat mempunyai minat. Keberadaan TPA Nurul Iman telah melakukan upaya pemasaran terhadap produk yang dihasilkan oleh TPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi-starategi pemasaran yang diterapkan oleh pihak manajemen TPA Nurul Iman dalam memasarkan TPA. Penelitian ini bersifat deskriptif atau penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawncara, dan dokumentasi, dengan analisis deduktif, teknik pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Fokus penelitian dalam skripsi ini tentang Strategi Pemasaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di TPA Nurul Iman formulasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh TPA Nurul Iman sudah baik dibuktikan dengan adanya penetapan strategi yang sesuai, adanya penggunaan bauran pemasaran yang berisi produk yaitu dapat menghasilkan santri yang pandai sholat dan mengaji, price (harga), SPP anak sebesar Rp.15.0000 dan ada diskon untuk SPP yang wali murid mempunyai lebih dari satu anak yaitu free Rp.10.000 untuk anak kedua dan seterusnya, place (tempat), yang berada dipemukiman warga dan mudah dijangkau, promotion (promosi) dengan menggunakan media sosial, brosur, spanduk, kontak langsung dengan masyarakat dan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Implementasi yang dilakukan TPA Nurul Iman sudah baik dibuktikan dengan adanya beberapa langkah yang dilakukan yang pertama yaitu pengorganisasian kegiatan pemasaran, pengarahan kegiatan pemasaran dan pengkoordinasian kegiatan pemasaran. Evalusi yang dilakukan sudah baik dilihat dari empat bauran pemasaran yang dijalankan, menurut peneliti strategi produk merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat masyarakat karena program TPA Nurul Iman sangat bagus dan berjalan dengan baik. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, TPA dan Masyarakat iii ABSTRACT The marketing strategy is a comprehensive, integrated plan that is integrated into efforts to market a product, either goods or services, by using a certain pattern of plans and tactics so that the given product is of interest to the public, and which provides guidance on the activities to be carried out. By doing good marketing, it will also form a good image for an institution, and also the institution will more easily show its superiority to the wider community, so that people have an interest. The existence of TPA Nurul Iman has made marketing efforts to the products produced by the TPA. This study aims to reveal the marketing strategies applied by the management of TPA Nurul Iman in marketing the TPA. This research is descriptive or field research. Collecting data using observation, interview, and documentation methods, with deductive analysis, sampling technique using porposive sampling. The focus of the research in this thesis is on the Marketing Strategy of Nurul Iman's Al-Qur'an Education Park in Increasing Public Interest. The results of this study indicate that at TPA Nurul Iman, the formulation of the marketing strategy carried out by TPA Nurul Iman has been well proven by the establishment of an appropriate strategy, the use of a marketing mix that contains products that can produce students who are good at praying and reading the Koran, price (price), children's tuition fees Rp.15.0000 and there is a discount for SPP where the guardian of the student has more than one child, namely free Rp.10.000 for the second child and so on, place (place), which is in residential areas and easy to reach, promotion (promotion) using social media, brochures, banners, direct contact with the public and word of mouth promotion. The implementation of TPA Nurul Iman has been good, as evidenced by the existence of several steps, the first is organizing marketing activities, directing marketing activities and coordinating marketing activities. The evaluation carried out was good, judging from the four marketing mixes that were implemented, according to the researcher, the product strategy is very influential in increasing public interest because the Nurul Iman TPA program is very good and running well.. Keywords: Marketing Strategy, TPA and Community

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:05
Last Modified: 05 Sep 2022 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20810

Actions (login required)

View Item View Item