PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X DITINGKAT SMA

EVA, MONICA FEBRIANA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X DITINGKAT SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EVA MONICA FEBRIANA_1811060133.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X DITINGKAT SMA Oleh EVA MONICA FEBRIANA Dewasa ini, pandemi covid-19 menyebabkan banyak kesukaran KBM baik itu pada peserta didik maupun pendidik. Salah satunya ialah pada kegiatan praktikum yang sengaja ditiadakan dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Keterbatasan alat dan bahan juga sering menjadi alasan mengapa praktikum ditiadakan dan diganti dengan pengamatan melalui media internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media praktikum virtual berbasis android yang dilihat dari segi kelayakan dan keefektifan media praktikum virtual berbasis android dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research & Development) yang mengacu pada metode penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall sampai dengan 9 tahapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket validasi ahli (media, bahasa, dan materi), angket respon peserta didik, soal KPS, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada kelayakan media praktikum virtual berbasis android dikatakan ―sangat layak‖ untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X. Hal tersebut terlihat dari hasil persentase rata-rata validator ahli media sebesar 98%, validator ahli materi sebesar 97,92%, dan validator ahli bahasa sebesar 82,35% sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata dari ketiga validator memiliki kriteria ―Sangat Layak‖. Sedangkan untuk respon peserta didik mendapat rata-rata sebesar 85,67% dengan kriteria ―Sangat Menarik‖. Kemudian untuk melihat keefektifan media dilihat dari hasil uji t Independent Lhitung = 19,20 > Ltabel = 2,00 dengan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,53 dan kelas kontrol sebesar 0,32. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media praktikum virtual berbasis android sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran biologi dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Kata Kunci : Android, Biologi, Keterampilan Proses Sains, Media Praktikum Virtual, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:46
Last Modified: 02 Sep 2022 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20801

Actions (login required)

View Item View Item