STUDI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG

Hasanatul, Alawiyah (2022) STUDI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of HASANATUL FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengukuran literasi sains penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemelekan peserta didik terhadap konsep-konsep sains yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains peserta didik, mengetahui faktor yang mempengaruhi capaian literasi sains, dan mendeskripsikan pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan literasi sains peserta didik di SMP Alam Lampung. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik dan guru kelas VII, VIII dan IX di SMP Alam Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel yaitu 1 guru IPA dan peserta didik kelas VIII yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes literasi sains berupa tes esai dan lembar wawancara guru dan peserta didik. Data penelitian ini adalah data kuantitatif yang menunjukkan tingkat kemampuan literasi sains yang dianalisis secara deskriptif. Data kualitatif yaitu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains dianalisis dari hasil wawancara guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan literasi sains peserta didik SMP Alam Lampung tergolong rendah dengan persentase ketercapaian 47,5%. Faktor yang mempengaruhi rendahnya literasi sains diantaranya minat baca peserta didik, motivasi dan disiplin belajar peserta didik, persiapan belajar yang kurang, pembelajaran teacher center, kurangnya optimalisasi fasilitas belajar, dan kurangnya bimbingan dari keluarga. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains diantaranya inkuiri terbimbing, project based learning (PjBL), pembelajaran berbasis masalah, learning cycle 7e. Kata Kunci : Dimensi Literasi Sains, Pengukuran Literasi Sains, Sekolah Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:53
Last Modified: 01 Sep 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item View Item