PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD/MI

Sri, Hidayanti (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI HIDAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD/MI Oleh: Sri Hidayanti 1811100204 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model pembelajaran Problem Based Learning, objek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Kedondong Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan siswa perempuan berjumlah 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sebagai dasar perencanaan ulang untuk penelitian selanjutnya. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil pembelajaran IPS di kelas V SDN 4 Kedondong Kabupaten Pesawaran. Hal tersebut dibuktikan dengan fakta hasil peningkatan kemampuan berfikir kritis dilihat dari Pre test bahwa diperoleh rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa sebesar 44,25, menunjukkan tingkat berfikir kritis siswa “rendah”. Setelah dilakukan tindakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I perolehan skor menjadi 70,00 menunjuk pada tingkat “tinggi”. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata berfikir kritis belajar siswa menjadi 80,00. Kemudian pada hasil post test skor rata-rata kemampuan berfikir kritis menjadi 80,25. Pada hasil post test ini menunjukkan keberhasilan model pembelajaran Problem Based Learning karena skor ratarata peserta didik telah mencapai lebih dari 75. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:45
Last Modified: 01 Sep 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20787

Actions (login required)

View Item View Item