EFEKTIVITAS STRATEGI JOYFULL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHURRAHMAN TULANG BAWANG BARAT

MIFTAHUS, SA’ADAH (2022) EFEKTIVITAS STRATEGI JOYFULL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHURRAHMAN TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MIFTAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al�Qur‟an Hadits yaitu suasana kelas selama proses pembelajaran cenderung pasif, aktifitas siswa rendah, siswa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan strategi dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk menyikapi permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk menggunakan strategi Joyfull Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan yang signifikan dari penggunaan strategi Joyfull Learning terhadap peningkatan hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran Al�Qur‟an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahman Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif berbentuk Quasy Eksperimental.Design penelitian menggunakan Nonequivalent Control Grup Design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu strategi Joyfull Learning, serta variabel terikat yaitu peningkatan hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Miftahurrahman Tulang Bawang Barat. Populasi berjumlah 110 peserta didik, dengan sampel 26 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperiment dan 26 peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas eksperiment dan kelas kontrol adalah tehnik Simple Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran dan uji daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis (uji t-test). Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan t-test pada program SPSS versi 24, menunjukkan bahwa hasil uji-t independent menunjukkan bahwa sampel t-test sig (2-tailed) sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari pada 0,05 (0,00 < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektivitasan yang signifikan dari strategi Joyfull Learning terhadap peningkatan hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits. Penelitian ini dapat dikatakan efektif karena terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan, bervariasi dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta guru tidak membuat peserta didik takut salah, takut ditertawakan, dan takut dianggap sepele. Kata Kunci: Strategi Joyfull Learning, Hasil Belajar iv ABSTRACT One factor in the low learning outcomes of students in Al-Qur'an Hadith subjects is the class atmosphere during the learning process tends to be passive, student activity is low, students get bored quickly in participating in learning due to less varied learning methods. To address these problems, the authors are interested in using the Joyful Learning strategy. This study aims to determine the significant effectiveness of the use of the Joyful Learning strategy on improving class VIII learning outcomes in Al-Qur'an Hadith subjects at Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahman Tulang Bawang Barat. This research is a type of quantitative research in the form of Quasy Experimental. The research design uses the Nonequivalent Control Group Design. The research variable consisted of the independent variable, namely the Joyful Learning strategy, and the dependent variable, namely the improvement of class VIII learning outcomes in the subjects of Al-Qur'an Hadith. The research subjects were students of class VIII MTs Miftahurrahman Tulang Bawang Barat. The population is 110 students, with a sample of 26 students in class VIII B as the experimental class and 26 students in class VIII E as the control class. The technique used to determine the experimental class and control class is the Simple Random Sampling technique. The instruments used in this research are in the form of test questions, and documentation. The data analysis technique in this study used several stages, namely validity test, reliability test, difficulty test and discriminatory power test, normality test, homogeneity test, and hypothesis (t-test). This research is a type of quantitative research in the form of Quasy Experimental. The research design uses the Nonequivalent Control Group Design. The research variables consist of v. Based on the results of data analysis by calculating the t�test in the SPSS version 24 program, it shows that the results of the independent t-test indicate that the sample t-test sig (2-tailed) is 0.00 which means it is smaller than 0, 05 (0.00 < 0.05), this indicates that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant effectiveness of the Joyful Learning strategy on improving class VIII learning outcomes in Al-Qur'an Hadith subjects. This research can be said to be effective because it creates a fun learning atmosphere, varies in delivering learning material, and the teacher does not make students afraid of being wrong, afraid of being laughed at, and afraid of being considered trivial. Keywords: Joyfull Learning Strategy, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:27
Last Modified: 01 Sep 2022 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item