PENGARUH METODE TIME TOKEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 BANGUNREJO

Eka, Oktari Putri (2022) PENGARUH METODE TIME TOKEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 BANGUNREJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA OKTARI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar dan merupakan dasar dalam mencapai hasil belajar. Dalam mencapai tujuan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran biologi pemahaman pada materi pelajaran sangat dibutuhkan agar peserta didik mampu menerima informasi dengan baik. Oleh sebab itu, pendidik harus memperhatikan faktor yang menyebabkan kurangnya pemahaman peserta didik dan dapat menentukan metode belajar yang sesuai. Penggunaan metode time token dalam pembelajaran diharapkan dapat menjadi solusi pada permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode time token terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Bangunrejo Lampung Tengah. Adapun jenis penelitian yaitu kuantitatif metode Quasy Eksperimen tipe Postest-Only control group design, dalam pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling atau Sampling acak sederhana yaitu bentuk sampling probabilitas yang sifatnya sederhana, dimana tiap sampel yang berukuran sama memiliki suatu probabilitas atau kesempatan sama untuk terpilih dari populasi. Peneliti melakukan penelitian pada peserta didik di dua kelas. Kelas XI MIPA 2 merupakan kelas Eksperimen menggunakan metode pembelajaran time token. Sedangkan pada kelas kontrol memakai kelas XI MIPA 4 dengan menggunakan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep berupa soal uraian. Berdasarkan hasil dari perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Independen Sample Test dengan menggunakan program SPSS 17.0 didapat nilai pada bagian Equal variance assumed diketahui nilai Sig (2- tailed) sebesar 0,037 < 0,05. maka H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat perbedaan terhadap hasil antara rata-rata pemahaman konsep iii peserta didik pada metode pembelajaran time token dengan metode pembelajaran ekspositori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode time token terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran biologi Kata Kunci : Metode Time token, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:13
Last Modified: 31 Aug 2022 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20771

Actions (login required)

View Item View Item