PERAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Tahu dan Tempe di Gunung Sulah dan Sawah Brebes)

DINDA, ASTRILIA (2022) PERAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Tahu dan Tempe di Gunung Sulah dan Sawah Brebes). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINDA ASTRILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan UMKM mengalami masa penurunan akibat kemunculan covid-19 pada tahun 2019, yang memberikan dampak langsung bagi perputaran perekonomian khususnya bagi UMKM. WHO menyatakan bahwa virus covid-19 ini muncul pertama kali di wuhan china. Dampak dari covid-19 ini semakin tinggi terutama di bidang sektor perekonomian yang menyebabkan pemerintah melakukan PSBB. Kebijakan pembatasan social dan karantina wilayah berpotensi membatasi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas ekonomi sehingga sirkulasi barang dan jasa menjadi terhambat. Kebijakan ini berpengaruh terhadap berbagai sektor usaha yang ada di Indonesia. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini ialah: Bagaimana peran UMKM dalam meningkatkan Pembangunan Ekonomi di era pandemi covid-19 ?, Bagaimana peran UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di era pandemi covid-19? dan Bagaimana perspektif ekonomi islam mengenai peran UMKM dalam meningkatkan pembangunan Ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di era pandemi covid 19 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Peran UMKM tersebut dalam meningkatkan pembangunan Ekonomi, kesejahteraan Masyarakat di Era Pandemi covid-19 dan untuk mengetahui Bagaimana Perspektif islam dalam meningkatkan pembangunan Ekonomi dan kesejahteraan di Era Pandemi covid-19 yang terkait dengan Usaha Tahu dan Tempe di Gunung Sulah dan Sawah Brebes. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif dengan sifat deskriptif analisis penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan, mencatat, menganalisis kondisi yang sedang terjadi, Sedangkan tehnik pengumpulan data ditekankan pada observasi, wawancara, dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden UMKM Tahu dan Tempe mengenai dampak covid- 19 terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Populasi dalam penelitian ini Berjumlah 143 dan diambil sampel sebesar 35%menjadi 50 orang narasumber. Sedangkan data Sekunder Buku-buku, Jurnal-jurnal, dan Dokumen Pendukung dalam Penelitian. Dari hasil Penelitian yang didapat bahwa UMKM mempunyai peranan yang penting dan strategis sebagai sumber pendapatan masyarakat dalam mengatasi pengangguran, berkontribusi terhadap PDB, Devisa Negara serta Investasi. UMKM di Indonesia juga berpotensi memberantas kemiskinan dan berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan dari hasil penelitian wawancara yang disebar kepada 50 responden Umkm Tahu dan Tempe di Gunung Sulah dan Sawah Brebes di Era Pandemi Covid-19ini memiliki kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan menambahpendapatan masyarakat sekitar sehingga sudah memenuhi kebutuhan seperti pendapatan, tempat tinggal, kesehatankeluarga dan kebutuhan akan pendidikan.Usaha tahu dan Tempe di Gunung Sulah dan Sawah Brebes telah memenuhi proses produksi danpemenuhan pendapatan sesuai yang ditetapkan dalam islam sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kata Kunci: Peran UMKM, Pembangunan Ekonomi, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:41
Last Modified: 31 Aug 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20768

Actions (login required)

View Item View Item