ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PADA USAHA HOME INDUSTRY HIDROPONIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Home Industry Hidroponik Kelurahan Sukabumi)

NABILA, RIZKY PUTRI (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PADA USAHA HOME INDUSTRY HIDROPONIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Home Industry Hidroponik Kelurahan Sukabumi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ketersediaan lahan yang semakin sempit, membuat upaya pemenuhan pangan dari sektor pertanian tantangannya semakin meningkat. Salah satu upaya mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan pangan dari lahan yang semakin sempit adalah memanfaatkan lahan sempit sebagai usaha untuk mengembangkan hasil pertanian, yaitu dengan cara bercocok tanam secara hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor Modal, Faktor Pemasaran, Faktor Jenis Tanaman mempengaruhi pada pendapatan home industry hidroponik dan bagaimana strategi dalam peningkatan pendapatan home industry hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor Modal, Faktor Pemasaran, Faktor Jenis Tanaman berpengaruh Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data peneliti berupa data primer yang didapatkan dari narasumber melalui observasi dan wawancara dan data sekunder diperoleh dari jurnal atau referensi yang berhubungan dengan faktor – faktor pendapatan Home Industry. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor modal, faktor pemasaran dan faktor jenis tanaman secara bersama - sama berpengaruh terhadap pendapatan Home Industry Hidroponik. Strategi yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan yaitu pengembangan pada jenis tanaman, kemasan, harga jual, modal usaha dan promosi penjualan. Dalam perspektif ekonomi islam secara umum Home Industry Hidroponik sudah menerapkan sifat-sifat yang diajarkan oleh Rassulullah SAW yaitu Siddiq, Amanah, Fathanah dan Tabliq. Dengan menerapkan sifat-sifat tersebut Home Industry Hidroponik mampu membangun kepercayaan konsumen terhadap produknya. Kata kunci: Pendapatan, Faktor Modal, Faktor Pemasaran, Faktor Jenis Tanaman, strategi dalam meningkatkan pendapatan ABSTRACT The availability of land is getting narrower, making efforts to fulfill food from the agricultural sector more challenging. One of the efforts to optimize the fulfillment of food needs from increasingly narrow land is to use narrow land as an effort to develop agricultural products, namely by growing crops hydroponically.This study aims to find out whether capital factors, marketing factors, plant type factors affect the income of the hydroponic home industry and how the strategy in increasing the income of the hydroponic home industry. This study aims to determine whether capital factors, marketing factors, plant type factors are influential This research is a field research with qualitative descriptive methods. The source of researcher data is in the form of primary data obtained from speakers through observation and interviews and secondary data obtained from journals or references related to Home Industry income factors. Based on the results of the study, capital factors, marketing factors and plant type factors together affect the income of the Hydroponics Home Industry. The strategies carried out in increasing income are development of plant types, packaging, selling prices, business capital and sales promotion. In the perspective of Islamic economics in general, the Hydroponics Home Industry has applied the properties taught by Rassulullah SAW, namely Siddiq, Amanah, Fathanah and Tabliq. By applying these properties, the Hydroponics Home Industry is able to build consumer confidence in its products. Keywords: Income, Capital Factor, Marketing Factor, Plant Type Factor, strategies in increasing Income

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:01
Last Modified: 31 Aug 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20764

Actions (login required)

View Item View Item