PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SKIMMING, MIND MAPPING,QUESTIONING, EXPLORING,WRITING AND COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ELI, PUSPITA SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SKIMMING, MIND MAPPING,QUESTIONING, EXPLORING,WRITING AND COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (790kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELI PUSPITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dan literasi matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 15 Bandar Lampung masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai ) sebanyak 16 dari 170 peserta didik. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yaitu penerapan model pembelajaran Skimming, Mind mapping, Questioning, Ekploring, Writing and Communicating (SIMAS ERIC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan komunikasi matematis dan literasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 5 di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji MANOVA (Multivariat Analisis Varians). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Manova Dua Jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan komunikasi matematis dan literasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran SIMAS ERIC, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Literasi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:18
Last Modified: 30 Aug 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20762

Actions (login required)

View Item View Item