PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS III MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Syifa, Fauziah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS III MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Syifa Fauziah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data hasil pra penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Pendidik sudah menggunakan beberapa model pembelajaran yang bervariasi ketika melakukan kegiatan pembelajaran, serta adapula beberapa media pembelajaran yang sudah dilaksanakan seperti penggunaan media visual, audiovisual, dan proyektor, namun peserta didik masih pasif ketika pembelajaran berlangsung, dan ketika diberi pertanyaan peserta didik banyak diam. Berdasarkan persoalan tersebut maka penulis menawarkan model pembelajaran Take And Give berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis nonequavalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III, teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purpose sampling. sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas III C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give berbantuan media audio visual dan kelas III D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media gambar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors,uji homogentias dengan menggunakan uji fisher , dan dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian hasil uji normalitas dan uji homogentitas didapatkan hasil normal dan homogen, dan hasil uji hipotesis (uji-t) dengan hasil posttest thitung sebesar 5,115 dan ttabel sebesar 1,670 yang berarti thitung > ttabel dengan kesimpulan H0 ditolak sehingga H1 diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Audio Visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MIN 10 Bandar Lampung. Kata kunci: Model pembelajaran Take and Give, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:56
Last Modified: 30 Aug 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20759

Actions (login required)

View Item View Item